BANGUNAN RSUD R. SYAMSUDIN, S.H. KOTA SUKABUMI BELUM IDEAL

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Sekretaris Jenderal Kementrian Kesehatan RI, dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes. menandaskan, bangunan RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi belum ideal, dengan bentuk bangunan yang mengikuti kultur tanah tidak menjulang ke atas. Karena idealnya harus menjulang ke atas, tidak mengikuti kultur tanah. Maksud dan tujuannya, supaya dapat mempercepat dan mempermudah pelayanan. Sedangkan bangunan RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi bentuk bangunannya ke samping mengikuti kultur tanah, sehingga jarak antara ruangan dokter dengan ruangan pasiennya jadi jauh. Disamping itu, juga bangunannya sudah cukup tua. Berkaitan dengan hal tersebut, Sekretaris Jenderal Kementrian Kesehatan RI menyarankan, agar bangunan RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi ini ada perubahan supaya menjadi lebih baik lagi.

Penandasan Sekretaris Jenderal Kementrian Kesehatan RI tersebut, disampaikan saat mengunjungi sekaligus memantau arus mudik dan arus balik Idul Fitri Tahun 1439 Hijriyah, khususnya mengenai pelayanan dan penanganan kesehatan di RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi. Ditandaskan pula, pelayanan dan penanganan kesehatan di RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi sudah cukup baik, sebab emergency buka selama 24 jam dan ada poliklinik. Dengan demikian, para pasien yang tidak gawat darurat bisa dilayani dan ditangani di poliklinik.

Dalam pada itu, Direktur RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi, dr. H. Bahrul Anwar, MKM. menjelaskan, mengenai konsep bentuk bangunan RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi sudah direncanakan dan akan membangun 8 lantai dengan dua gedung, yakni satu gedung untuk ruangan manejemen dan di bawahnya untuk ruangan poli, serta yang satu gedung lagi untuk ruangan perawatan. Dijelaskan pula, konsep bangunan ini dibuat sesuai dengan arahan Wali Kota Sukabumi, dan desainnya sudah dalam proses DED (Detail Engineering Design). Untuk itu, Direktur RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi mengharapkan, dengan dorongan dari semua pihak, pembangunan gedung RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi ini bisa secepatnya direalisasikan, sehingga dalam jangka waktu 4 tahun ke depan sudah selesai.

Menyinggung anggaran untuk membangun gedung tersebut, menurut Direktur RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi diperkirakan mencapai Rp. 100 milyar, dan diharapkan bisa masuk dalam perubahan anggaran tahun 2018, sehingga pada tahun 2019 sudah bisa dimulai. Dikatakannya, pembangunan gedung RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi tersebut, pada tahun ini dalam tahap pengusulan dan diharapkan dapat disetujui oleh semua pihak terkait. Selain itu, Direktur RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi juga mengucapkan terima kasih kepada Sekretaris Jenderal Kementrian Kesehatan RI, yang sudah melakukan kunjungan ke RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi, sekaligus memberikan saran dan masukan tentang bangunan RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi yang ideal, untuk memberikan dan meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi kepada warga masyarakat.

Leave a Reply