PENJABAT SEKRETARIS DAERAH KOTA SUKABUMI MELAUNCHING APLIKASI KTP BANDROS

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si., hari Kamis, 21 Juni 2018, bertempat di Ruangan Pertemuan DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi, melaunching aplikasi on line berbasis digital atau android, yakni KTP Bandros (Kartu Tanda Pohon Berbasis Android Kota Sukabumi), untuk memberikan kemudahan kepada warga masyarakat dalam mendapatkan pelayanan di Bidang Lingkungan Hidup.

Dalam sambutannya, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Sukabumi menandaskan, di Kota Sukabumi sering terjadi bencana, salah satunya adalah angin puting beliung, yang menerpa berbagai jenis pohon yang ada di Kota Sukabumi, sehingga banyak pohon yang tumbang serta menimbulkan kerugian kepada warga masyarakat. Untuk itu, dengan adanya aplikasi KTP Bandros ini, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Sukabumi mengharapkan bisa membantu warga masyarakat, untuk mengetahui berbagai jenis pohon yang ada di Kota Sukabumi, termasuk usia dan kondisi fisik pohonnya, sehingga dapat mengantisipasi bencana khususnya pohon tumbang di Kota Sukabumi.

Sementara Kepala DLH Kota Sukabumi, Drs. Adil Budiman, M.Si. menjelaskan, dengan adanya KTP Bandros ini, warga masyarakat dapat mengetahui berbagai jenis pohon termasuk usia dan kondisi fisik pohon yang ada di Kota Sukabumi, melalui aplikasi pada handpone-nya masing masing. Dijelaskan pula, apabila warga masyarakat memotret pohon melalui aplilaksi KTP Bandros ini, akan muncul nama dan usia pohon, termasuk kondisi fisik pohonnya. Selain itu juga dijelaskan, aplikasi KTP Bandros ini merupakan salah satu inovasi yang sangat baik, untuk terus ditingkatkan dan dikembangkan khususnya di Kota Sukabumi.

Selain itu juga dijelaskan, untuk jangka pendek, DLH Kota Sukabumi akan mencoba aplikasi terlebih dahulu, dan untuk jangka menengah akan mencoba beberapa ruas jalan di Kota Sukabumi yang banyak pohon besar serta rawan terjadi bencana pohon tumbang, diantaranya Jalan Suryakencana, Jalan Siliwangi dan Jalan Bhayangkara. Sedangkan untuk jangka panjang, seluruh pohon yang ada di Kota Sukabumi sudah masuk dalam aplikasi tersebut. Lebih lanjut Kepala DLH Kota Sukabumi menjelaskan, untuk mengoperasikan KTP Bandros ini sangat sederhana, yakni hanya cukup membuka KTP Bandors dan memotretnya, akan muncul nama pohon termasuk usia dan kondisi fisik pohonnya.

Leave a Reply