BAZNAS KOTA SUKABUMI BERHASIL MENGUMPULKAN ZAKAT FITRAH SEBESAR RP. 1.807.601.020,00

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Sukabumi, hingga menjelang Idul Fitri Tahun 1439 Hijriyah atau Tahun 2018 Masehi, berhasil mengumpulkan Zakat Fitrah sebesar Rp. 1.807.601.020,00. Sedangkan pengumpulan Zakat Mal mencapai Rp. 191.830.738,00, serta pengumpulan Infaq dan Sodaqoh mencapai Rp. 74.218.700,00.

Namun demikian, hasil pengumpulan Zakat Fitrah tersebut, seperti dijelaskan Ketua Baznas Kota Sukabumi, Ir. H. Fifi Kusumajaya, M.M. belum maksimal. Karena kesadaran warga masyarakat dalam menyalurkan Zakat Fitrah melalui Baznas masih kurang. Buktinya dari 3.000 bundel kupon yang disebarkan, hanya berhasil mengumpulkan Zakat Fitrah sebesar Rp. 1.807.601.020,00.

Dikatakannya, kebanyakan warga masyarakat dalam menyalurkan zakatnya diberikan langsung kepada tetangganya yang membutuhkan. Untuk itu, Ketua Baznas Kota Sukabumi menghimbau kepada warga masyarakat, agar dalam menyalurkan zakat, baik Zakat Fitrah maupun Zakat Mal termasuk Infaq dan Shodaqoh, supaya disalurkan melalui Baznas.

Dikatakan pula, untuk memaksimalkan dan meningkatkan pengumpulan Zakat termasuk Infaq dan Shodaqoh, Baznas Kota Sukabumi akan senantiasa melaksanakan sosialisasi kepada warga masyarakat, bekerja sama dengan seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) serta instansi dan lembaga, termasuk dengan BUMN dan BUMD yang ada di Kota Sukabumi/,supaya dalam melaksanakan rapat dan pertemuan atau kegiatan lainnya bisa mengundang Baznas, untuk melakukan sosialisasi tentang penyaluran Zakat, Infaq dan Shodaqoh melalui Baznas.

Ketua Baznas Kota Sukabumi mengharapkan, dengan upaya tersebut dapat memaksimalkan dan meningkatkan kesadaran warga masyarakat dalam menyalurkan Zakat, Infaq dan Shodaqoh  melalui Baznas. Dengan demikian, warga masyarakat yang menyalurkan Zakat, Infaq dan Shodaqoh melalui Baznas akan meningkat dan lebih banyak lagi, sehingga pengumpulan Zakat, Infaq dan Shodaqoh melalui Baznas akan meningkat dan lebih besar lagi.

Disamping itu, penyaluran Zakat, Infaq dan Shodaqoh yang diberikan oleh Baznas kepada warga masyarakat yang membutuhkan akan lebih banyak lagi. Diantaranya melalui program Bapermah (Bantuan Perbaikan Rumah), Bamus (Bantuan Modal Usaha), Tumaritis (Tunjangan Masyarakat Kritis), Batama (Bantuan Kesehatan Ulama), Bagus (Bantuan untuk Guru MD dan Ustadz), serta bantuan paket Sembako (Sembilan Bahan Pokok) kepada warga masyarakat miskin, bantuan kepada mualaf dan ibnu sabil, bantuan sarana dan prasarana keagamaan masjid, majelis taklim, madrasah dan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).

Leave a Reply