MULAI TAHUN 2018 INI SEBANYAK 3 TPU DI KOTA SUKABUMI AKAN DIKENAKAN RETRIBUSI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Seperti diungkapkan Kepala UPT (Unit Pelaksana Teknis) Pemakaman DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi, Ujang Rustiandi, S.IP., M.Si., mulai tahun 2018 ini. sebanyak 3 TPU (Tempat Pemakaman Umum) di Kota Sukabumi, menurut rencana akan dikenakan retribusi oleh Pemerintah Kota Sukabumi. Adapun ke 3 TPU tersebut, terdiri dari TPU Tegalpari Kelurahan Gunungpuyuh Kecamatan Gunungpuyuh, TPU blok Pasir Ipis Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole, dan TPU di blok Ciaul Kaler Kelurahan Subangjaya Kecamatan Cikole. Sebab sejak menjadi TPU belum pernah dikenakan retribusi.

Dijelaskannya, lahan di ke 3 TPU tersebut merupakan lahan aset Pemerintah Kota Sukabumi, namun belum masuk dalam Perda (Peraturan Daerah) Kota Sukabumi, sehingga lahan di ke 3 TPU tersebut belum dikenakan retribusi. Dijelaskan pula. kendati lahan di ke 3 TPU milik Pemerintah Kota dan dikelola oleh Pemerintah Kota Sukabumi, tapi tarif retribusinya belum dikenakan dan diberlakukan, karena tarif retribusi TPU ini sebelumnya mengacu pada Perda Kota Sukabumi Nomor 5 Tahun 2008, dan saat ini Perda tersebut sudah direvisi menjadi Perda Kota Sukabumi Nomor 11 Tahun 2016.

Selain itu juga dijelaskan, retribusi TPU di Kota Sukabumi sesuai dengan Perda Kota Sukabumi yang sudah ditetapkan yakni sebesar Rp. 100 ribu per tiga tahun sekali untuk setiap makam. Berkaitan dengan hal tersebut, saat ini pihak UPT Pemakaman DLH Kota Sukabumi sedang mendata ulang nama-nama makam serta akhli warisnya, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan dalam mengenakan dan memberlakukan retribusi tersebut. Kepala UPT Pemakaman DLH Kota Sukabumi mengatakan, apabila pengenaan restribusi terhadap ke 3 TPU tersebut sudah berjalan, bisa meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Sukabumi dari sektor pemalaman.

Dikatakan pula, sebelumnya hanya 6 TPU di Kota Sukabumi yang dikenakan restribusi, yakni 4 TPU Muslim, yang terdiri dari TPU Taman Bahagia Kelurahan Benteng Kecamatan Warudoyong, TPU Binong Desa Parungseah Kecamatan Sukabumi, TPU Taman Rohmat Kelurahan Citamiang Kecamatan Citamiang, dan TPU Khusnul Khotimah Ciandam Kecamatan Cibeureum, serta 2 TPU Non Muslim, yakni TPU Kerkhop Kecamatan Citamiang dan TPU Cikundul Kecamatan Lembursitu.

Menyinggung luas lahan TPU yang dikelola oleh Pemerintah Kota Sukabumi, menurut Kepala UPT Pemakaman DLH Kota Sukabumi, saat ini mencapai 34 hektar. Dengan demikian, luas lahan TPU di Kota Sukabumi saat ini sudah sangat kritis, apabila dibandingkan dengan jumlah penduduk Kota Sukabumi saat ini. Karena luas lahan di sejumlah TPU tersebut, diperkiraan sebanyak 90 persen sudah terisi, terutama di TPU Taman Bahagia Kelurahan Benteng Kecamatan Warudoyong.

Leave a Reply