PENCAIRAN ANGGARAN P2RW PEMERINTAH KOTA SUKABUMI TAHUN 2018 SUDAH MENCAPAI 99,9 PERSEN

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Pencairan Anggaran P2RW (Program Pemberdayaan Rukun Warga) Pemerintah Kota Sukabumi Tahun 2018, sudah mencapai 99,9 persen. Karena menurut Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Punjul Saepul Hayat, S.STP., M.Si., dari 355 RW yang tersebar di 7 kecamatan dan 33 kelurahan se Kota Sukabumi, hanya tinggal 1 RW lagi yang belum mencairkan anggaran tersebut. Adapun anggaran tersebut, untuk masing-masing RW sebesar Rp. 20 juta.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Sukabumi beserta seluruh jajarannya, saat ini sedang mempelajari dan memperdalam kendala yang dihadapi sekaligus memediasi dan menyelesaikan masalah yang terjadi di RW tersebut, supaya RW tersebut dapat segera mencairkan Anggaran P2RW Tahun 2018. Maksud dan tujuannya, supaya P2RW Tahun 2018 ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, sesuai dengan harapan semua pihak, baik pemerintah maupun warga masyarakat Kota Sukabumi.

Karena pelaksanaan P2RW Tahun 2018 ini, ditargetkan harus sudah selesai 100 persen pada bulan Oktober 2018 mendatang, serta  seluruh RW dapat menyampaikan LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban) penggunaan anggaran P2RW tersebut. Untuk itu, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Sukabumi beserta seluruh jajarannya, mulai bulan Agustus 2018 mendatang akan melakukan monitoring dan evaluasi hasil P2RW Tahun 2018 ke setiap RW, supaya anggaran P2RW ini, pada akhir tahun 2018 bisa terserap secara keseluruhan.

Namun apabila ada RW yang belum atau tidak bisa mencairkan anggaran P2RW Tahun 2018 ini, RW tersebut pada tahun 2018 ini tidak mendapatkan anggaran P2RW. Dikatakannya, pelaksanaan P2RW ini akan diranking dari mulai Tingkat Kelurahan, Tingkat Kecamatan dan Tingkat Kota. Adapun untuk ranking pertama di tingkat kelurahan akan diberi reward berupa uang tunai sebesar Rp. 3,5 juta dan ranking kedua sebesar Rp. 2 juta. Sedangkan untuk ranking pertama di tingkat kecamatan sebesar Rp. 5 juta dan ranking kedua sebesar Rp. 2,5 juta, serta untuk ranking pertama di tingkat kota sebesar Rp. 6 juta, ranking kedua sebesar Rp. 4,5 juta dan ranking ketiga sebesar Rp. 3 juta. Dengan demikian, total reward yang diberikan oleh Pemerintah Kota Sukabumi dalam P2RW ini mencapai Rp. 248 juta.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Sukabumi mengharapkan, untuk ke depannya anggaran P2RW ini bisa naik lagi. Sebab selama empat tahun program ini dilaksanakan, dalam setiap setiap tahunnya senantiasa mengalami kenaikan. Yakni dari yang semula sebesar Rp. 15 juta naik menjadi Rp. 17 juta, dan pada tahun 2018 ini naik kembali menjadi Rp. 20 juta.

Leave a Reply