PANWASLU KOTA SUKABUMI SUDAH MENTERTIBKAN SELURUH APK PILKADA SERENTAK TAHUN 2018

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) Kota Sukabumi, sudah mentertibkan seluruh APK (Alat Peraga Kampanye) Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Serentak Tahun 2018, yakni Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi serta Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Periode Tahun 2018-2023 di wilayah Kota Sukabumi. Adapun maksud dan tujuannya, menurut Ketua Panwaslu Kota Sukabumi, Muhammad Aminnudin, agar pada saat masa tenang pelaksanaan Pilkada tersebut, sudah tidak ada APK yang terpampang, khususnya di wilayah Kota Sukabumi.

Dijelaskannya, dalam melaksanakan penertiban terhadap seluruh APK Pilkada Serentak Tahun 2018 ini, dilakukan secara serempak dan menyeluruh, yakni oleh Panwaslu Kota Sukabumi, Panwascam (Panitia Pengawas Kecamatan), PPL (Pengawas Pemilu Lapangan) dan Pengawas TPS (Tempat Pemungutan Suara) se Kota Sukabumi. Karena APK tersebut hampir merata ada di setiap wilayah Kota Sukabumi. Dijelaskan pula, dalam melaksanakan penertiban terhadap seluruh APK Pilkada Serentak Tahun 2018 ini, Panwaslu Kota Sukabumi melibatkan sebanyak 640 orang petugas, dibantu oleh aparat dari Dinas Sat Pol PP Pol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Kota Sukabumi. Lebih jauh Ketua Panwaslu Kota Sukabumi menjelaskan, selain menertibkan terhadap seluruh APK Pilkada Serentak Tahun 2018, seluruh APK Calon Peserta Pileg (Pemilihan Legislatif) dan Pilpres (Pemilhan Presiden) Tahun 2019 pun ditertibkan, karena belum masanya kampanye.

Demikian pula akun Paslon (Pasangan Calon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi di Medsos (Media Sosial), baik akun pribadi maupun akun tim pemenangannya, selama masa tenang diwajibkan tutup dan tidak diperbolehkan melakukan kegiatan kampanye lagi. Untuk itu, Panwaslu Kota Sukabumi beserta Panwascam, PPL dan Pengawas TPS se Kota Sukabumi, akan senantiasa berupaya optimal melakukan pengawasan secara komprehensif atau menyeluruh, untuk menjaga kemungkinan adanya akun Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi di Medsos, baik akun pribadi maupun akun tim pemenangannya yang melakukan kampanye selama masa tenang.

Leave a Reply