SENANTIASA BERUPAYA OPTIMAL DAN MENGGENCARKAN PEMBANGUNAN KAMPUNG KB DI KOTA SUKABUMI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi melalui Disdalduk, KB, P3A dan PM (Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat) Kota Sukabumi, senantiasa berupaya optimal dan menggencarkan pembangunan kampung KB (Keluarga Berencana) di Kota Sukabumi, tepatnya sejak tahun 2017 yang lalu, untuk mengimplementasi program Nawacita Pemerintah Pusat. Dengan demikian, Disdalduk, KB, P3A dan PM Kota Sukabumi, saat ini sudah berhasil membangun satu kampung KB di setiap kecamatan di Kota Sukabumi.

Kepala Disdalduk, KB, P3A dan PM Kota Sukabumi, Dra. Hj. Lilis Astri Suryanita, M.M. menandaskan, pihaknya menargetkan dalam waktu dekat dapat membangun satu kampung KB di setiap kelurahan di Kota Sukabumi. Untuk itu, pihaknya terus berupaya optimal melakukan sosialisasi sekaligus memberikan pembekalan dan pengetahuan kepada warga masyarakat di setiap kelurahan di Kota Sukabumi.

Karena pembangunan kampung KB ini sangat penting, untuk merubah sikap dan perilaku warga masyarakat dalam membiasakan hidup sehat, termasuk dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan hingga aktifitas ekonomi warga masyarakat, sesuai dengan Visi Presiden RI, Ir. H Joko Widodo, yakni membangun warga masyarakat di daerah yang terpinggirkan.

Dikatakannya, untuk merubah sikap dan perilaku warga masyarakat tidak bisa dilakukan secara instan atau secara langsung, sebab memerlukan waktu serta pengetahuan dan pemahaman dari warga masyarakat. Demikian pula dalam memberkan edukasi kepada warga masyarakat, membutuhkan peran dari semua pihak, yakni seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) serta instansi dan lembaga terkait.

Dikatakan pula, pembangunan kampung KB ini sangat penting dilakukan. Maksud dan tujuannya, agar warga masyarakat yang ekonominya masih dibawah standar dapat berangsur sejahtera, termasuk dalam meningkatkan kesehatan serta kebersihan dan kesehatan lingkungan. Berkaitan dengan hal tersebut, program pembangunan kampung KB ini merupakan program semua pihak, yakni seluruh SKPD serta instansi dan lembaga terkait. Adapun sasaran pembangunan kampung KB ini, yakni di daerah yang dianggap terpinggirkan, seperti di pinggir kali dan rel kereta api, yang kondisi perekonomian warga masyarakatnya masih rendah.

Leave a Reply