KPU KOTA SUKABUMI SUDAH MEMBUKA PENDAFTARAN CALON ANGGOTA DPRD KOTA SUKABUMI TAHUN 2019

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Seperti ditandaskan Komisioner Divisi Teknis KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Sukabumi, Agung Dugaswara, S.Sos., KPU Kota Sukabumi sudah membuka pendaftaran Caleg (Calon Legislatif) atau Calon Anggota DPRD Kota Sukabumi Tahun 2019, tepatnya sejak tanggal 4 sampai dengan tanggal 17 Juli 2018. Selain itu, KPU Kota Sukabumi juga sedang melakukan sosialisasi kepada Parpol (Partai Politik) dan warga masyarakat Kota Sukabumi yang akan maju menjadi Bakal Caleg. Karena setiap warga masyarakat yang akan maju sebagai Caleg, harus direkomendasikan dan mendapatkan persetujuan serta harus diajukan oleh Pimpinan Parpolnya yang syah, sesuai dengan tingkatannya.

Ditandaskan pula, setelah proses pendaftaran Caleg selesai, KPU Kota Sukabumi akan melakukan verfikasi administrasi, dilanjutkan masa perbaikan dan penetapan DCS (Daftar Calon Sementara). Disamping itu, setiap Parpol yang akan mendaftarkan Bakal Calegnya, harus memperhatikan Bakal Caleg Perempuan di setiap Dapil (Daerah Pemilihan)-nya. Sebab berdasarkan ketentuan, Bakal Caleg Perempuan paling sedikit harus mencapai 30 persen di setiap tingkatan Dapil.

Adapun persyaratan lainnya yang harus dilengkapi oleh setiap Caleg Tahun 2019, yakni harus menyerahkan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara), sesuai dengan Rancangan Undang-Undang KPU RI Tahun 2018 Pasal 8 dan 9, tentang Pencalonan Peserta Pemilu (Pemilihan Umum) Anggota DPR RI, DPRD Provinsi serta DPRD Kabupaten dan Kota. Selanjutnya ditandaskan, untuk menunjang kelancaran para Caleg dalam mendapatkan LHPKN, KPU RI sudah melakukan koordinasi dengan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) RI, khususnya yang berkaitan dengan pemeriksaan LHKPN bagi para Caleg.

Menyinggung Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi yang tidak terpilih dalam Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Kota Sukabumi Tahun 2018 serta akan mencalonkan menjadi Anggota DPRD Kota Sukabumi, DPRD Provinsi Jawa Barat dan DPR RI Tahun 2019, menurut Komisioner Divisi Teknis KPU Kota Sukabumi, berdasarkan peraturan dibolehkan. Dijelaskannya, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan proses pendaftaran Caleg Tahun 2019, KPU Kota Sukabumi akan senantiasa berupaya optimal memberikan pelayanan dan menerima pendaftaran terhadap setiap Parpol dan warga masyarakat Kota Sukabumi, termasuk kepada Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi yang tidak terpilih dalam Pilkada Kota Sukabumi Tahun 2018 yang akan maju menjadi Bakal Caleg Tahun 2019.

Leave a Reply