BPBD KOTA SUKABUMI BERUPAYA OPTIMAL MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Sukabumi, akan senantiasa berupaya optimal meningkatkan kesiapsiagaan, untuk menghadapi musim hujan di Kota Sukabumi. Karena seperti dijelaskan Kepala Unsur Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Drs. Asep Suhendrawan, wilayah Kota Sukabumi rawan terjadi bencana alam, terutama bencana tanah longsor, banjir, angin puting beliung dan bencana lainnya.

Diungkapkannya, dari bulan Januari sampai dengan bulan Juni 2018, di Kota Sukabumi sudah terjadi sebanyak 93 kali bencana alam. Antara lain, pada bulan Januari sebanyak 24 kali bencana, bulan Februari  8 kali bencana,  bulan Maret 23 kali bencana, bulan April 16 kali bencana, bulan Mei 15 kali bencana, dan pada bulan Juni 5 kali bencana. Adapun wilayah yang paling rawan terjadi bencana di Kota Sukabumi, yakni wilayah Kecamatan Cikole, khususnya bencana tanah longsor dan angin puting beliung.

Untuk itu, Kepala Unsur Pelaksana BPBD Kota Sukabumi beserta seluruh jajarannya berupaya optimal meningkatkan dan menggalakkan berbagai langkah dan upaya, untuk mengurangi resiko dampak dari bencana yang terjadi. Selain itu, juga senantiasa berupaya optimal meningkatkan pemantauan ke beberapa wilayah Kota Sukabumi khususnya yang rawan terjadi bencana, termasuk melakukan pengecekan terhadap berbagai peralatan dan logistik yang dimiliki BPBD Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, sebagai persiapan sekaligus untuk mengantisipasi dan menangani apabila terjadi bencana di wilayah Kota Sukabumi.

Disamping itu, Kepala Unsur Pelaksana BPBD Kota Sukabumi menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi terutama yang tinggal di daerah aliran sungai dan daerah perbukitan, agar senantiasa waspada dan berhati-hati, supaya apabila terjadi bencana dapat mengantisipasi dan mengurangi resiko dampak dari bencana.

Selanjutnya Kepala Unsur Pelaksana BPBD Kota Sukabumi meminta kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, apabila terjadi bencana di wilayahnya, agar segera dilaporkan kepada aparat wilayah kelurahan dan kecamatan masing-masing, atau langsung ke BPBD Kota Sukabumi, melalui Pesawat Telepon Nomor 222 155 dan 624 4334, untuk secepatnya ditangani dan ditanggulangi secara optimal oleh aparat BPBD Kota Sukabumi, beserta aparat instansi dan lembaga terkait lainnya.

Leave a Reply