PEMERINTAH KOTA SUKABUMI AKAN MENYELENGGARAKAN KEMBALI BURSA KERJA TAHUN 2018

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi melalui Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) Kota Sukabumi, akan menyelenggarakan kembali Job Fair atau Bursa Kerja Tahun 2018. Seperti dijelaskan PLT (Pelaksana Tugas) Kepala Disnaker Kota Sukabumi, Dra. Hj. Iyan Damayanti, M.Si., kegiatan bursa kerja ini dijadualkan berlangsung selama 2 hari, tepatnya pada tanggal 17 dan 18 Juli 2018, di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi.

Dikatakannya, kegiatan ini merupakan salah satu program tahunan Pemerintah Kota Sukabumi, dalam upaya menciptakan peluang dan kesempatan kerja bagi warga masyarakat, untuk mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan khususnya di Kota Sukabumi. Dikatakan pula, kegiatan ini menurut rencana akan diikuti oleh 30 perusahaan, baik dari dalam maupun dari luar Kota Sukabumi, yakni dari berbagai daerah Jawa Barat dan DKI Jakarta, yang bergerak dalam berbagai bidang, seperti perhotelan, restoran dan yang lainnya, serta ditargetkan dapat merekrut sebanyak 3.000 tenaga kerja. Unuk itu, setiap perusahaan diharapkan dapat merekrut sedikitnya 25 tenaga kerja. Lebih jauh dikatakan, dalam kegiatan bursa kerja ini, setiap perusahaan diberi ruangan untuk melakukan wawancara langsung dengan para pencari kerja. Dengan demikian, para pencari kerja bisa langsung mengetahui dan mendapatkan kepastian diterima atau tidaknya.

PLT Kepala Disnaker Kota Sukabumi menjelaskan, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan bursa kerja ini, sudah dilakukan berbagai persiapan, dan hanya tinggal menunggu perizinan dari berbagai instansi terkait. Sebab pelaksanaan kegiatan bursa kerja ini, diserahkan kepada EO yang sudah ditunjuk oleh Disnaker Kota Sukabumi.

Menyinggung jumlah perusahaan yang akan mengikuti kegiatan ini, menurut PLT Kepala Disnaker Kota Sukabumi, yang sudah menghubungi langsung Disnaker Kota Sukabumi, hingga saat ini baru 8 perusahaan. Sedangkan untuk perusahaan lainnya, diserahkan kepada EO. Dijelaskan pula, untuk tahun 2018 ini, Disnaker Kota Sukabumi menargetkan menempatkan sebanyak 5.000 pencari kerja di berbagai perusahaan dan lapangan pekerjaan. Target tersebut optimis bisa dicapai, bahkan bisa melebihi target seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Seperti pada tahun 2017 yang lalu, penempatan tenaga kerja ini melebihi target, yakni mencapai 5.107 orang, atau mencapai 103 persen dari target yang ditetapkan sebanyak 5.000 orang.

Leave a Reply