POSISI PEJABAT ESELON IV ADA PADA LEVEL KEPEMIMPINAN OPERASIONAL

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si. menandaskan, dalam Sistem Manajemen Kepegawaian, posisi Pejabat Eselon IV ada pada level kepemimpinan operasional, serta dituntut untuk mampu merencanakan kegiatan, sebagai cascading dari visi dan misi, serta rencana kerja jangka menengah dan jangka panjang. Selain itu, juga dituntut untuk mampu melaksanakan kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya, serta harus dapat mempertanggungjawabkannya, dari mulai target kinerja, output dan pengelolaan keuangannya, yang dilakukan pasca pelaksanaan kegiatan. Berkaitan dengan hal tersebut, para Pejabat Eselon IV di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi harus memiliki kompetensi, baik kompetensi manajerial maupun kompetensi teknis dan kompetensi sosiokultural.

Penandasan Penjabat Sekretaris Daerah Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan sekaligus menutup secara resmi Diklatpim (Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan) Tingkat IV di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi Tahun 2018, tepatnya tanggal 4 Juli 2018, di Gedung Korpri Kota Sukabumi, atas nama Penjabat Wali Kota Sukabumi. Hadir dalam kesempatan tersebut, perwakilan dari BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Provinsi Jawa Barat, para Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, serta para tamu undangan lainnya.

Pada bagian lain sambutannya, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Sukabumi meminta kepada seluruh peserta Diklatpim Tingkat IV di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi yang kedudukannya sebagai pemimpin di lingkungan birokrasi dan publik figur, khususnya dalam berbangsa dan bermasyarakat serta dalam menghadapi berbagai tantangan global. Dikatakannya, seluruh Pejabat termasuk Pejabat Eselon IV, akan senantiasa disorot bahkan dikritisi oleh masyarakat, kendati dalam melaksanakan berbagai tugas sudah baik dan benar, sesuai dengan Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) serta bidang masing-masing. Apalagi menyimpang dari nilai dan norma yang berlaku.

Untuk itu, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Sukabumi meminta kepada seluruh Pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, supaya tetap konsisten dan bertindak yang benar, sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Selanjutnya, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Sukabumi meminta kepada seluruh peserta Diklatpim Tingkat IV di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, setelah selesai mengikuti Diklatpim ini, agar melaksanakan tugas kembali di SKPD-nya masing-masing dengan baik dan optimal, untuk memberikan dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Leave a Reply