MULAI BULAN JUNI 2018 INI PDAM TBW KOTA SUKABUMI MEMBERLAKUKAN PENYESUAIAN TARIF DASAR AIR

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Mulai bulan Juni 2018 ini, PDAM TBW (Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bumi Wibawa) Kota Sukabumi memberlakukan penyesuaian tarif dasar air, untuk pembayaran bulan Juli 2018 dan seterusnya. Direktur PDAM TBW Kota Sukabumi, Anton Rachman Suryana, S.Sos., M.AP. menandaskan, penyesuaian tarif dasar air ini, sesuai dengan Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) RI Nomor 71 Tahun 2016, Tentang Perhitungan dan Penetapan Tarif Air Minum.

Selain itu juga ditandaskan, keputusan penyesuaian tarif air ini sudah disahkan oleh Walikota Sukabumi, mengacu pada Permendagri tersebut. Karena dari tahun 2016 yang lalu, PDAM TBW Kota Sukabumi belum pernah melakukan penyesuaian tarif air, dan pada tahun 2018 ini, tepatnya mulai bulan Juni 2018, baru melakukan penyesuaian kembali.

Direktur PDAM TBW Kota Sukabumi mengungkapkan, sebelumnya Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) RI memandang, bahwa investasi PDAM masih kurang. Untuk itu, seluruh PDAM di Indonesia dilakukan evaluasi dan perhitungan investasi, khususnya yang berkaitan dengan berbagai komponen pembiayaan operasional dan pembiayaan lainnya.

Diungkapkan pula, dilaksanakannya penyesuaian tarif air ini, untuk melihat BEP (Break Event Point) di setiap PDAM untuk menjadi FCR (Full Choas Raferi). Berkaitan dengan hal tersebut, Kemendragri mencoba untuk menfasilitasinya, dengan menerbitkan dan memberlakukan Permendagri tersebut. Namun setelah melakukan penyesuaian, PDAM harus memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada seluruh konsumen dengan baik dan optimal.

Direktur PDAM TBW Kota Sukabumi mengatakan, setelah dilakukan penyesuaian tarif air ini, target pendapatan PDAM TBW Kota Sukabumi akan meningkat, yakni dari yang sebelumnya ditargetkan sebesar Rp. 1,6 milyar per bulan, menjadi Rp. 2,2 milyar per bulan. Dikatakan pula, dari target sebesar Rp. 1,6 milyar tersebut, dalam realisasinya rata-rata hanya antara Rp. 1,3 milyar sampai dengan Rp. 1,4 milyar. Sedangkan untuk target saat ini sebesar Rp. 2,2 milyar, dalam realisasinya diharapkan dapat mencapai antara Rp. 1,8 milyar hingga Rp. 1,9 milyar. Disamping itu juga dikatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengeluarkan maklumat pelayanan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, supaya ada perbaikan dan peningkatan pelayanan kepada para konsumen dan calon konsumen PDAM TBW Kota Sukabumi.

Leave a Reply