SEBANYAK 30 PELAKU USAHA DI KOTA SUKABUMI SUDAH DILATIH MEMBUAT KEMASAN YANG UNIK DAN MENARIK

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Sebanyak 30 Pelaku Usaha di Kota Sukabumi, sudah dilatih membuat kemasan yang unik dan menarik, oleh Dinas KUK (Koperasi dan Usaha Kecil) Provinsi Jawa Barat, bekerja sama dengan Diskop UKM-PP (Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian) Kota Sukabumi. Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari, tepatnya dari tanggal 3 sampai dengan 5 Juli 2018, di Aula KBMT (Koperasi Baitul Maal Wattamwil) Ibadurrahman Kota Sukabumi.

Kepala Dinas KUK Provinsi Jawa Barat, Dr. H. Dudi Sudrajat Abdurachim, M.T. menjelaskan, para pelaku usaha yang mengikuti pelatihan ini merupakan para pelaku usaha yang bergerak dalam bidang makanan dan minuman se Kota Sukabumi. Selain itu juga dijelaskan, dilaksanakannya pelatihan ini, merupakan realisasi usulan dari instansi dan lembaga terkait di Kota Sukabumi. Diharapkannya, dengan pelatihan ini, para pelaku usaha di Kota Sukabumi bisa meningkatkan pendapatannya, melalui kemasan yang unik dan menarik. Disamping itu, para pelaku usaha di Kota Sukabumi bisa mengembangkan usahanya, sehingga bisa lebih maju dan meningkat lagi.

Menyinggung biaya pelatihan ini, seperti diungkapkan Kepala Dinas KUK Provinsi Jawa Barat, berasal dari DAK (Dana Alokasi Khusus) APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) Tahun 2018. Selanjutnya diungkapkan, setiap daerah diberi anggaran sebesar Rp. 1 juta bagi setiap peserta pelatihan, untuk biaya akomodasi, seperti untuk biaya makan, nara sumber dan yang lainnya. Dengan demikian, biaya pelatihan untuk 30 pelaku usaha Kota Sukabumi ini mencapai Rp. 30 juta.

Dalam pada itu, Kepala Diskop UKM-PP Kota Sukabumi, Drs. Ayep Supriatna, M.M. menjelaskan, dilaksankannya pelatihan ini merupakan hasil dari koordinasi dan sinergitas yang baik, antara Pemerintah Kota Sukabumi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, khususnya Diskop UKM-PP Kota Sukabumi dengan Dinas KUK Provinsi Jawa Barat.

Diharapkannya, dengan pelatihan ini bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pelaku usaha di Kota Sukabumi, khususnya dalam membuat kemasan yang unik dan menarik, sehingga dapat meningkatkan dan mengembangkan usahanya, yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatannya. Diharapkan pula, dari pelatihan ini ada beberapa pelaku usaha di Kota Sukabumi, yang mendapatkan pinjaman modal usaha dibawah Rp. 10 juta dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Leave a Reply