PENJABAT WALI KOTA SUKABUMI MENGAMBIL SUMPAH DAN MELANTIK 6 ORANG CPNS MENJADI PNS

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Penjabat Wali Kota Sukabumi, Drs. H. Dady Iskandar, M.M., mengambil sumpah dan melantik 6 orang CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) lulusan IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 9 Juli 2018, di Ruangan Pertemuan Setda Kota Sukabumi.

Dalam sambutannya, Penjabat Wali Kota Sukabumi menandaskan, ada beberapa hal yang harus senantiasa diperhatikan dalam pengambilan sumpah ini, yakni harus difahami dan diresapi, bahwa sumpah ini tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga kepada Alloh.  Untuk itu, alangkah terhinanya apabila sumpah ini tidak masuk ke dalam hati.

Ditandaskan pula, pengambilan sumpah dan pelantikan ini harus disyukuri oleh ke 6 orang PNS tersebut, karena telah diangkat secara resmi menjadi PNS. Selain itu juga ditandaskan, tugas dan tanggung jawab PNS sangat besar dan berat, serta harus rajin dan disiplin, sekaligus harus memiliki PDLT (Prestasi, Dedikasi, Loyalitas dan Tidak Tercela). Sebab PNS sebagai Abdi Negara. harus dapat mengangkat harkat dan martabat serta kehormatan bangsa dan negara.

Selanjutnya ditandaskan, PNS sebagai Abdi Masyarakat, harus dapat melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Selain itu juga ditandaskan, PNS sebagai Abdi Negara dan Pelaksana Pemerintahan, harus dapat melaksanakan berbagai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Hal tersebut sangat penting dilakukan oleh seluruh PNS, supaya pada saat melaksanakan tugas dan memanfaatkan jam kerja, dari mulai apel pagi dan mengisi daftar hadir hingga melaksanakan tugas, benar-benar produktif, efektif dan efisien. Sebab apabila PNS melaksanakan tugas asal-asalan, pelayanan kepada masyarakat pun akan asal-asalan, serta bisa mengecewakan masyarakat.

Lebih jauh Penjabat Wali Kota Sukabumi menandaskan, sesuai dengan Budaya Timur khususnya Jawa Barat, dalam setiap melayani masyarakat dimulai dari mengucapkan salam dan menyapa, serta dalam melaksanakan tugas jangan hanya mencari jumlah banyak atau kuantitas saja, tapi juga harus mencari nilai yang baik atau kualitas.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, para Asisten Daerah Setda Kota Sukabumi, para Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, dan para tamu undangan lainnya.

Leave a Reply