SELURUH PARPOL AGAR TIDAK MENCALONKAN KADER YANG PERNAH TERLIBAT KORUPSI PADA PILEG TAHUN 2019

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Ketua Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) Kota Sukabumi, Muhammad Aminnudin, menghimbau kepada seluruh Parpol (Partai Politik) di Kota Sukabumi, agar tidak mencalonkan kader yang pernah terlibat korupsi pada Pileg (Pemilihan Legislatif) Tahun 2019 mendatang. Apalagi seluruh Parpol di Indonesia sudah menandatangani fakta integritas, khususnya yang berkaitan dengan mantan napi koruptor, bandar narkoba, teroris dan kejahatan seksual. Himbauan tersebut disampaikan, sekaitan dengan telah dibukanya pendaftaran Bacaleg (Bakal Calon Legislatif) oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Sukabumi, tepatnya sejak tanggal 4 sampai dengan 17 Juli 2018.

Dikatakannya, penandatanganan fakta integritas yang dilakukan oleh seluruh Parpol di Indonesia ini, merupakan salah satu harapan parlemen, supaya tidak diisi oleh orang yang bermasalah, khususnya mantan napi koruptor, bandar narkoba, teroris dan kejahatan seksual. Dikatakan pula, Panwaslu Kota Sukabumi akan senantiasa berupaya optimal melaksanakan tugas pengawasan, baik pada saat menjelang maupun pada saat pelaksanaan Pileg Tahun 2019 mendatang.

Selain itu, Panwaslu Kota Sukabumi juga akan membuka pelaporan dan pengaduan pelanggaran Pileg Tahun 2019 secara online. Maksud dan tujuannya, selain sesuai dengan perkembangan teknologi dan informasi saat ini, juga untuk mempercepat pelaporan dan pengaduan pelanggaran dalam pelaksanaan Pileg Tahun 2019. Disamping itu, juga untuk mendongkrak sekaligus meningkatkan partisipasi aktif warga masyarakat, dalam melakukan pengawasan dan pemantauan serta pelaporan dan pengaduan pelanggaran dalam pelaksanaan Pileg tersebut. Sebab berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, tingkat partisipasi warga masyarakat dalam melakukan pengawasan dan pemantauan serta pelaporan dan pengaduan pelanggaran dalam pelaksanaan Pileg masih sangat rendah.

Untuk itu, Ketua Panwaslu Kota Sukabumi menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, apabila melihat atau mengetahui ada indikasi pelanggaran terhadap pelaksanaan Pileg tersebut, bisa langsung melaporkan atau mengadukannya ke Panwaslu Kota Sukabumi, baik secara online maupun secara langsung, untuk segera ditindaklanjuti dan ditangani secara optimal, sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Ketua Panwaslu Kota Sukabumi mengharapkan, dengan dibukanya pelaporan dan pengaduan pelanggaran dalam pelaksanaan Pileg tersebut, dapat menjadi solusi atau jalan keluar terbaik, dalam melakukan pengawasan dan pemantauan serta pelaporan dan pengaduan pelanggaran dalam pelaksanaan Pileg tersebut, sebab dilakukan oleh semua pihak, yakni oleh Petugas Panwaslu Kota Sukabumi, Aparat OPD (Organisasi Perangkat Daerah) serta instansi terkait dan warga masyarakat.

Leave a Reply