KPM PKH DI KOTA SUKABUMI PADA TAHUN 2018 BERTAMBAH 100 PERSEN

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

PLT (Pelaksana Tugas) Kepala Dinas Sosial Kota Sukabumi, Hudi Kodir Wahyu, S.Sos., M.K.M. mengungkapkan, KPM (Keluarga Penerima Manfaat) PKH (Program Keluarga Harapan) di Kota Sukabumi, pada tahun 2018 bertambah 100 persen dari tahun sebelumnya. Karena sejak diberlakukannya program tersebut tepatnya pada tahun 2013, KPM PKH di Kota Sukabumi hanya berjumlah 5.400 KPM, dan pada tahun 2018 bertambah 100 persen, yakni menjadi 10.800 KPM.

Diungkapkan pula, bertambahnya KPM PKH di Kota Sukabumi ini, merupakan kebijakan dari Kemensos (Kementrian Sosial) RI, dengan menambah jumlah KPM PKH di Kota Sukabumi 100 persen dari tahun sebelumnya. Selain itu juga diungkapkan, sebelumnya jumlah KPM PKH se Indonesia seluruhnya mencapai 6 juta KPM. Namun pada tahun 2018 jumlahnya ditambah menjadi 10 juta KPM. Dengan demikian, KPM PKH di Kota Sukabumi mendapat penambahan 100 persen.

Untuk itu, Dinas Sosial Kota Sukabumi sudah menyelesaikan tahap verifikasi dan validasi data, serta pada saat ini sudah memasuki tahap pencairan. Dijelaskannya, verifikasi dan validasi data KPM PKH di Kota Sukabumi ini dilakukan berdasarkan data tahun 2013 yang lalu, apakah masih layak atau tidak mendapatkan bantuan PKH. Selanjutnya dijelaskan, KPM yang layak mendapatkan bantuan PKH, diberi bantuan uang tunai sebesar Rp. 500 ribu setiap 3 bulan sekali. Lebih jauh dijelaskan, pada saat dilakukan verifikasi dan validasi data, ada 20 KPM yang sudah tidak layak lagi mendapatkan bantuan PKH. Karena ke 20 KPM tersebut, ekonomi dan kesejahteraanya sudah mengalami peningkatan.

PLT Kepala Dinas Sosial Kota Sukabumi menandaskan, bantuan PKH ini dikhususkan untuk warga masyarakat miskin. Untuk itu, para KPM yang mendapatkan bantuan PKH ini, berhak mendapatkan bantuan hampir semua bantuan sosial, seperti KIS (Kartu Indonesia Sehat), KIP (Kartu Indonesia Pintar), dan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai). Ditandaskan pula, KPM PKH ini merupakan 10 persen dari jumlah penduduk miskin yang masuk dalam kategori sangat miskin. PLT Kepala Dinas Sosial Kota Sukabumi mengharapkan, dengan diberlakukannya pemberian bantuan PKH ini, dapat membantu dan meringankan beban keluarga miskin khususnya para KPM PKH di Kota Sukabumi, terutama yang memiliki balita dan anak yang sedang sekolah di SD, SMP dan SMA sederajat, serta yang memiliki lansia dan disabilitas.

Leave a Reply