PEMERINTAH KOTA SUKABUMI AKAN MEMPERKETAT PENGAWASAN PENGERJAAN PROYEK PEMBANGUNAN

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Penjabat Wali Kota Sukabumi, Drs. H. Dady Iskandar, M.M. menandaskan, Pemerintah Kota Sukabumi akan memperketat pengawasan pengerjaan proyek pembangunan di Kota Sukabumi, dengan melibatkan TP4D (Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah) Kota Sukabumi serta Kejaksaan Negeri Sukabumi dan Polres Sukabumi Kota. Maksud dan tujuannya, untuk mencegah timbulnya persoalan khususnya yang berbenturan dengan hukum pada akhir pengerjaan proyek.

Penandasan Penjabat Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan usai menyaksikan Penandatanganan Kontrak Pelaksanaan Fisik Konstruksi Kegiatan Rehabilitasi dan Pemeliharaan Infrastuktur di Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 10 Juli 2018, di Kantor Dinas Perhubungan Kota Sukabumi.

Selain itu, Penjabat Wali Kota Sukabumi meminta kepada Rekanan Pemenang Tender yang akan melaksanakan Kegiatan Rehabilitasi dan Pemeliharaan Infrastuktur di Kota Sukabumi, supaya dalam pengerjaannya sesuai dengan kontrak kerja yang telah disepakati bersama. Sebab apabila tidak sesuai dengan kontrak kerja, akan menimbulkan persoalan dikemudian hari, karena dianggap melanggar hukum.

Dikatakannya, sebelum pengerjaan dimulai, Pemerintah Kota Sukabumi memberi arahan kepada Rekanan Pemenang Tender, agar berhati-hati dalam melaksanakan pekerjaan proyek, serta harus sesuai dengan kontrak kerja yang telah disepakati bersama. Hal tersebut dilakukan, sebagai peringatan dini dan upaya pencegahan penyimpangan dalam pengerjaan proyek.

Selanjutnya Penjabat Wali Kota Sukabumi meminta kepada TP4D Kota Sukabumi serta Kejaksaan Negeri Sukabumi dan Polres Sukabumi Kota, agar melakukan pengawasan secara ketat. Sebab dikhawatirkan ada pengerjaan yang tidak sesuai dengan standar kualitas yang telah disepakati bersama. Diharapkannya, apabila dalam masa pengerjaan ada yang tidak sesuai, agar segera diingatkan, jangan dibiarkan dan menunggu pengerjaan selesai baru ditegur.

Penjabat Wali Kota Sukabumi menjelaskan, pengawasan secara ketat bukan hanya untuk menjaga kualitas pengerjaan saja, tapi juga agar hasil pembangunanna dapat dinikmati dan dimanfaatkan oleh warga masyarakat. Disamping itu, Penjabat Wali Kota Sukabumi meminta kepada Rekanan Pemenang Tender, agar bukan hanya takut kepada pengawas saja, tapi yang sangat penting dan utama harus takut kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena apabila takut kepada Tuhan, tanpa diawasi pun kualitas pekerjaan akan senantiasa dijaga dan diperhatikan.

Leave a Reply