MUI KOTA SUKABUMI AKAN SEGERA MEMILIH KETUA UMUM MUI KOTA SUKABUMI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Seperti diungkapkan Sekretaris Umum MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kota Sukabumi, Drs. H.M. Kusoy, MUI Kota Sukabumi akan segera memilih Ketua Umum MUI Kota Sukabumi, melalui Sidang Pleno yang menurut rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 19 Juli 2018, untuk menggantikan almarhum Prof. Dr. K.H. Dedi Ismatullah Machdi, S.H., M.Hum., yang wafat pada tanggal 6 Juli 2018, di RSUD (Rumah Sakit Umum Daérah) R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi, dikarenakan sakit. Diungkapkan pula, berdasarkan Pedoman Rumah Tangga MUI Bab 1 Pasal 1 ayat 2 tertulis, bagi pengurus MUI baik pusat maupun daerah yang berhenti karena meninggal dunia, permintaan sendiri dan diberhentikan berdasarakan Keputusan Dewan Pimpinan MUI harus segera ada penggantinya, untuk mengisi kekosongan.

Selain itu juga diungkapkan, dalam Sidang Pleno Pemilihan Ketua Umum MUI Kota Sukabumi ini, harus dihadiri oleh Pimpinan Komisi, Pimpinan Harian dan lembaga-lembaga termasuk Ormas (Organisasi Masyarakat) Islam yang ada di Kota Sukabumi, seperti NU (Nahdlatul Ulama),  Muhamadiyah, Persis (Persatuan Islam), Mathlahul Anwar, DKM Masjid Agung Kota Sukabumi, PD DMI (Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia) Kota Sukabumi dan yang lainnya. Lebih jauh diungkapkan, sebelum dilaksanakannnya Sidang Pleno, Dewan Pimpinan Harian akan melaksanakan rapat pada H min 2, untuk menetapkan calon-calon Ketua Umum MUI Kota Sukabumi, kendati sudah ada beberapa calon yang diusulkan.

Sekretaris Umum MUI Kota Sukabumi menjelaskan, selain terjadi kekosongan pada jabatan Ketua Umum MUI Kota Sukabumi, pada jabatan Wakil Ketua Dewan Penasehat MUI Kota Sukabumi pun mengalami kekosongan. Karena jabatan Wakil Ketua Dewan Penasehat MUI Kota Sukabumi ini, sebelumnya diemban oleh almarhum K.H. Ayi Rustandi. Dengan demikian, pada Sidang Pleno MUI Kota Sukabum ini, akan dilakukan Pemilihan Ketua Umum MUI Kota Sukabumi dan Wakil Ketua Dewan Penasehat MUI Kota Sukabumi.

Sekretaris Umum MUI Kota Sukabumi mengharapkan, Pemilihan Ketua Umum MUI Kota Sukabumi dan Wakil Ketua Dewan Penasehat MUI Kota Sukabumi ini, dapat berjalan dengan baik dan lancar, supaya pada saat pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi yang baru hasil Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Kota Sukabumi Tahun 2018, sudah memiliki kembali Ketua Umum MUI Kota Sukabumi. Sebab berdasarkan Peraturan Presiden RI Nomor 151 Tahun 2014, MUI merupakan mitra Pemerintah.

Leave a Reply