RATUSAN KPM PKH DI KOTA SUKABUMI MENGIKUTI PELATIHAN USAHA PRODUKTIF DAN KEWIRAUSAHAAN

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Kepala Seksi Bimbingan Sosial Bidang Pemberdayaan dan Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial Kota Sukabumi, Ineu Nuraeni, S.Pd., M.Pd. menjelaskan, ratusan KPM (Keluarga Penerima Manfaat) PKH (Program Keluarga Harapan) di Kota Sukabumi, mengikuti Pelatihan Usaha Produktif dan Kewirausahaan. Dijelaskan pula, dilaksanakannya Pelatihan Usaha Produktif dan Kewirausahaan ini, sebagai salah satu upaya dan wujud nyata perhatian Pemerintah Kota Sukabumi, supaya para KPM PKH di Kota Sukabumi taraf ekonomi dan kesejahteraannya bisa meningkat, sehingga ke depannya tidak menjadi KPM PKH lagi. Untuk itu, Dinas Sosial Kota Sukabumi secara rutin dan berkesinambungan melaksanakan pembinaan dan pelatihan kepada para KPM PKH di Kota Sukabumi.

Kepala Seksi Bimbingan Sosial Bidang Pemberdayaan dan Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial Kota Sukabumi mengharapkan, melalui Pelatihan Usaha Produktif dan Kewirausahaan ini, para KPM PKH di Kota Sukabumi dapat meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan serta kemampuan dan keterampilannya, sehingga bisa menjadi wirausahawan yang tangguh dan mandiri. Selain itu, setelah mengikuti Pelatihan Usaha Produktif dan Kewirausahaan ini, para KPM PKH di Kota Sukabumi pada tahap tertentu harus bisa mencapai taraf kesejahteraan tertentu, sehingga ke depannya tidak terdaftar lagi sebagai KPM PKH.

Sebab maksud dan tujuan dilaksanakannya Pelatihan Usaha Produktif dan Kewirausahaan ini, diantaranya untuk melahirkan para wirausahawan yang tangguh dan mandiri, khususnya dari kalangan KPM PKH di Kota Sukabumi. Berkaitan dengan hal tersebut, dalam Pelatihan Usaha Produktif dan Kewirausahaan ini, para KPM PKH diberi materi pelajaran dari para instruktur dari LPK (Lembaga Pendidikan dan Keterampilan) Murni Sukabumi, khususnya yang berkaitan dengan bidang kuliner, diantaranya cara membuat kue yang baik dan menarik.

Kepala Seksi Bimbingan Sosial Bidang Pemberdayaan dan Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial Kota Sukabumi mengatakan merasa yakin dan optimis, para KPM PKH di Kota Sukabumi yang mengikuti Pelatihan Usaha Produktif dan Kewirausahaan ini, dapat terdorong dan termotivasi untuk menjadi wirausahawan, dengan meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan serta kemampuan dan keterampilannya, hasil dari Pelatihan Usaha Produktif dan Kewirausahaan yang diikutinya. Diharapkannya, apabila para KPM PKH di Kota Sukabumi ini sudah berhasil menjadi wirausahawan yang tangguh dan mandiri, peserta KPM PKH-nya bisa diserahkan kepada keluarga lainnya yang lebih membutuhkan.

Leave a Reply