SEBANYAK 8 RUAS JALAN DI KOTA SUKABUMI DIPERBAIKI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Seperti dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Abdul Rachman, A.TD., sebanyak 8 ruas jalan di Kota Sukabumi diperbaiki. Adapun ke 8 ruas jalan tersebut, terdiri dari Jalan Lembursitu, Jalan Pasar Saptu, Jalan Ciseureuh, Jalan Julius Usman, Jalan Aminta Azmali, Jalan Rancakadu, Jalan Sudajaya, dan Jalan Sudajaya Hilir, dengan total pagu anggaran mencapai Rp. 12 milyar.

Dijelaskannya, perbaikan ke 8 ruas jalan tersebut sudah melalui lelang di BPBJ (Bagian Pengadaan Barang dan Jasa) Setda Kota Sukabumi, serta para Rekanan pemenang tender perbaikan jalan tersebut sudah menandatangani kontrak kerja yang disaksikan langsung oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi, Drs. H. Dady Iskandar, M.M., tepatnya tanggal 10 Juli 2018, di Kantor Dinas Perhubungan Kota Sukabumi.

Dijelaskan pula, sesuai kontrak kerja, perbaikan ke 8 ruas jalan tersebut, pengerjaannya harus selesai pada awal bulan Desember 2018 mendatang. Apabila dalam pengerjaannya tidak selesai dengan jadwal waktu yang telah disepakati bersama, Rekanannya akan kena sanksi dan denda. Selain itu juga dijelaskan, selama ke 8 ruas jalan tersebut diperbaiki, akan diawasi oleh Pemerintah Kota Sukabumi, dengan melibatkan TP4D (Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah) Kota Sukabumi serta Kejaksaan Negeri Sukabumi dan Polres Sukabumi Kota. Maksud dan tujuannya, untuk mencegah adanya hal-hal yang tidak diinginkan oleh semua pihak, khususnya yang berkaitan dengan hukum pada akhir pengerjaan proyek.

Sementara Kepala Seksi Datun (Perdata dan Tata Usaha Negara) Kejaksaan Negeri Sukabumi selaku Wakil Ketua TP4D Kota Sukabumi, Suntoro, S.H. menandaskan, TP4D dibentuk oleh Presiden RI, untuk mengawasi pembangunan daerah supaya tidak ada celah penyimpangan. Berkaitan dengan hal tersebut, pengawasan terhadap pelaksanaan pembangunan akan dilakukan TP4D secara optimal, baik secara terbuka maupun secara tertutup, supaya tidak ada celah penyimpangan dalam pengerjaan proyek pembangunan.

Adapun beberapa hal yang menjadi fokus pengawasan TP4D Kota Sukabumi dalam pengerjaan perbaikan ke 8 ruas jalan di Kota Sukabumi tersebut, yakni masalah kualitas pekerjaan, apakah sesuai atau tidak dengan kontrak kerja. Apabila tidak sesuai harus segera dilakukan perbaikan. Dijelaskannya, TP4D Kota Sukabumi hanya mengawasi dari sisi hukum serta administrasi dan pengerjaannya, supaya tidak ada penyelewengan.

Dijelaskan pula, pihaknya akan memanggil Rekanan apabila TP4D Kota Sukabumi menemui dan mendapati adanya penyimpangan dalam pengerjaan proyek perbaikan terhadap 8 ruas jalan di Kota Sukabumi tersebut, untuk memberikan penjelasan dan perbaikan pengerjaan, khususnya yang dianggap tidak sesuai dengan kontrak kerja.

Selain itu juga dijelaskan, pengawasan dilakukan sampai dengan pengerjaan proyek selesai, serta dalam setiap Minggunya dilakukan evaluasi. Hal tersebut sudah disampaikan ke PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) proyek perbaikan ruas jalan tersebut, dan apabila ada hal-hal yang mencurigakan, bisa bersama-sama ke lapangan, untuk melakukan pengecekan dan pemeriksaan.

Leave a Reply