LAHAN BEKAS TERMINAL BUS SUDIRMAN KOTA SUKABUMI AKAN DIJADIKAN TEMPAT PANGKALAN ANGKON

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Lahan bekas Terminal Bus Sudirman Kota Sukabumi, menurut rencana akan dijadikan Tempat Pangkalan Angkon (Angkutan Online) di Kota Sukabumi. Untuk mewujudkan rencana tersebut, menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Abdul Rachman, A.TD., pihaknya sudah menerima Surat Izin Pengelolaan Lahan Bekas Terminal tersebut. Adapun pelaksanaannya diperkirakan sekitar 2 bulan lagi, yakni sekitar pertengahan atau akhir bulan September 2018 mendatang. Sedangkan untuk menunjang kelancaran dan kebehasilan dalam mewujukan rencana tersebut, saat ini pihaknya sedang melakukan berbagai persiapan.

Dikatakannya, kebijakan penggunaan kembali lahan bekas terminal tersebut untuk tempat pangkalan Angkon ini, sebagai salah satu upaya untuk memfasiltasi Angkon di Kota Sukabumi, supaya bisa lebih tertib. Selain itu juga untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di Kota Sukabumi, khususnya yang disebabkan oleh banyaknya Angkon yang mangkal atau parkir sembarangan di badan jalan di Kota Sukabumi, terutama di pusat-pusat keramaian Kota Sukabumi. Dikatakan pula, kebijakan penggunaan kembali lahan bekas terminal tersebut untuk tempat pangkalan Angkon ini, untuk mempermudah dalam mengakomodir para pengemudi Angkon di Kota Sukabumi, sebab dipusatkan di satu tempat. Lebih jauh dikatakan, apabila lahan bekas terminal tersebut sudah resmi dijadikan tempat pangkalan Angkon di Kota Sukabumi, setiap Angkon yang mangkal atau parkir sembarangan di badan di Kota Sukabumi akan dilakukan penegakan hukum.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi menandaskan, hingga saat ini pihaknya belum bisa melakukan penegakan hukum terhadap setiap Angkon yang mangkal atau parkir sembarangan di badan jalan di Kota Sukabumi, karena pihaknya belum memfasilitasi Angkon, terutama untuk tempat mangkal Angkon di Kota Sukabumi. Namun apabila sudah disediakan tempat mangkal Angkon di Kota Sukabumi, yakni di lahan bekas Terminal Bus Sudirman Kota Sukabumi, setiap Angkon yang mangkal atau parkir sembarangan di setiap badan jalan di Kota Sukabumi akan ditindak tegas dan dilakukan penegakan hukum, sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Sebab badan jalan tidak boleh dijadikan tempat mangkal atau tempat parkir, karena dapat mempersempit badan jalan serta dapat menggangu dan menimbulkan kemacetan lalu lintas. Diharapkannya, dengan kebijakan ini dapat mengurai kemacetan di Kota Sukabumi, karena badan jalan di Kota Sukabumi tidak dijadikan tempat mangkal atau tempat parkir terutama oleh Angkon, sebab tempat mangkalnya sudah disediakan.

Leave a Reply