LAJU PERKEMBANGAN INVESTASI DI KOTA SUKABUMI MENCAPAI RP. 181.373.503.004,00

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Kepala DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kota Sukabumi, Drs. Beni Haerani, M.M. didampingi Kepala Seksi Promosi dan Potensi Penanaman Modal DPMPTSP Kota Sukabumi, Emi Supartini, S.E. mengungkapkan, Laju Perkembangan Investasi di Kota Sukabumi, hingga pertengahan tahun 2018 tepatnya hingga bulan Juni 2018 mencapai Rp. 181.373.503.004,00, berasal dari 335 perusahaan, yang terdiri dari 47 perusahaan mikro, 249 perusahaan kecil, 360 perusahaan menengah, dan 3 perusahaan besar.

Dikatakannya, dari investasi tersebut terserap tenaga kerja sebanyak 659 orang. Selain itu, dengan Investasi tersebut pihaknya merasa optimis, bahwa target investasi di Kota Sukabumi pada akhir tahun 2018 bisa dicapai, bahkan bisa melebihi target yang telah ditetapkan seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Dikatakan pula, pihaknya senantiasa berupaya optimal memberikan pelayanan yang baik sekaligus meyakinkan kepada para investor, bahwa menanamkan investasi di Kota Sukabumi aman dan nyaman, serta dalam melakukan proses perijinan sangat mudah, dengan catatan persyaratannya lengkap. Sebab dengan banyaknya investor di Kota Sukabumi, sangat membantu Pemerintah Kota Sukabumi, karena dapat menciptakan lapangan kerja baru dan menyerap tenaga kerja, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan khususnya di Kota Sukabumi.

Namun khusus untuk di Kota Sukabumi, hanya bisa menerima para investor yang bergerak dalam industri non polutan dan sektor industri pengolahan berskala kecil dan menengah saja, karena keterbatasan lahan yang ada di Kota Sukabumi. Sedangkan para investor yang masuk ke Kota Sukabumi masih seputar jasa perdagangan, sesuai dengan Visi Pembangunan Kota Sukabumi. Selain itu juga para investor yang bergerak dalam sektor properti, karena menanamkan investasi dalam sektor properti lebih menjanjikan. Sementara industri yang masuk ke Kota Sukabumi masih didominasi oleh industri pengolahan makanan dan minuman, serta kayu olahan dan kerajinan tangan.

Dijelaskannya, peluang untuk menanamkan investasi di Kota Sukabumi khususnya dalam bidang perdagangan dan jasa masih terbuka dan memungkinkan, terutama untuk pembangunan pusat perdagangan di wilayah selatan Kota Sukabumi, termasuk pembangunan gedung perkantoran dan perguruan tinggi. Adapun yang menjadi daya dukung untuk menanamkan investasi dalam sektor tersebut khususnya di wilayah selatan Kota Sukabumi, antara lain ketersediaan lahan, sarana infrastuktur dan ketersediaan SDM (Sumber Daya Manusia). Disamping itu juga dijelaskan, hingga saat ini Kota Sukabumi masih menjadi salah satu pusat perdagangan, serta menjadi daerah tujuan bagi warga masyarakat dari luar Kota Sukabumi.

Leave a Reply