SMPN 16 KOTA SUKABUMI SUDAH DINILAI OLEH TIM PENILAI LSS TINGKAT NASIONAL TAHUN 2018

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Redaktur : ENDANG SUMARDI

SMPN 16 Kota Sukabumi, sudah dinilai oleh Tim Penilai LSS (Lomba Sekolah Sehat) Tingkat Nasional Tahun 2018, tepatnya tanggal 18 Juli 2018. Adapun kedatangan Tim Penilai tersebut, disambut dan diterima secara resmi oleh Asisten Administrasi Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Kostaman, M.M., bertempat di Ruangan Utama Balai Kota Sukabumi.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Kota Sukabumi, perwakilan dari Kodim 0607 Kota Sukabumi dan Polres Sukabumi Kota, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Instansi terkait, Camat dan Lurah, TP UKS (Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah) Provinsi Jawa Barat dan Kota Sukabumi, Kepala dan Dewan Guru serta Komite SMPN 16 Kota Sukabumi, para Sesepuh, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat dan Pemuda, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Asisten Administrasi Setda Kota Sukabumi, atas nama Kepala Daerah serta pemerintah dan seluruh lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, mengucapkan selamat datang kepada Ketua dan Anggota Tim Penilai LSS Tingkat Nasional Tahun 2018, seraya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, apabila dalam penyambutan dan penerimaan Tim Penilai ini banyak kekurangannya.

Dijelaskannya, UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) merupakan upaya pendidikan dan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu, sadar, berencana, terarah dan bertanggung jawab. Kegiatan LSS menjadi salah satu terobosan sarana pembinaan dan pengembangan serta evaluasi pelaksanaan program UKS, termasuk untuk memberikan motivasi kepada setiap sekolah, supaya dapat meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas anak didiknya.

Sementara Ketua Tim Penilai, Agus Suryanto, dalam sambutanya menjelaskan, penilaian LSS hanya sebagai sarana dengan sasaran utamanya yakni pembinaan. Maksud dan tujuannya, agar pengelolaan UKS mulai dari Tingkat Pusat sampai ke Tingkat Daerah dilaksanakan secara terpadu dan berkesinambungan, sehingga dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Dijelaskan pula, dalam penilaiaan LSS ini bukan sekedar kondisi fisik sekolah semata, akan tetapi yang sangat penting dan utama, yakni adanya perubahan perilaku peserta didik khususnya perubahan perilaku hidup bersih dan sehat yang dapat berimbas sampai lingkungan rumah tangga dan masyarakat. Adapun Tim Penilai LSS ini, terdiri dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, dan Kementerian Dalam Negeri.

Dalam pada itu, Kepala SMPN 16 Kota Sukabumi, Agus Budiman, M.Pd. menjelaskan, dalam menyongsong LSS ini, pihaknya telah berupaya optimal melengkapi berbagai fasilitas, termasuk standarisasi UKS sebagai sekolah sehat dan sekolah ramah anak. Diharapkannya, SMPN 16 Kota Sukabumi ini, dapat meraih gelar juara pertama, sehingga dapat menjaga prestasi dan prestise serta nama baik Kota Sukabumi.

Leave a Reply