PIMPINAN PONDOK PESANTREN IBADDURRAHMAN TERPILIH MENJADI KETUA UMUM DP MUI KOTA SUKABUMI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Pimpinan Pondok Pesantren Ibaddurrahman Tegal Lega Kota Sukabumi, K.H. Fathullah Mansyur, Lc. yang lebih dikenal dengan panggilan Abah Fatah, terpilih menjadi Ketua Umum DP MUI (Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia) Kota Sukabumi, menggantikan Almarhum Prof. Dr. K.H. Dedi Ismatullah Machdi, S.H., M.Hum., yang wafat pada tanggal 6 Juli 2018, di RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi, dikarenakan sakit.

Terpilihnya Pimpinan Pondok Pesantren Ibaddurrahman Tegal Lega Kota Sukabumi menjadi Ketua Umum DP MUI Kota Sukabumi ini, melalui Sidang Pleno DP MUI Kota Sukabumi, berdasarkan beberapa proses penyeleksian sesuai dengan AD ART (Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga) MUI Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 19 Juli 2018, di Gedung Pusat Kajian Islam Kota Sukabumi.

Ketua DP MUI Kota Sukabumi, K.H. Fathullah Mansyur, Lc. menandaskan, pihaknya akan senantiasa berupaya optimal melanjutkan perjuangan Almarhum Prof. Dr. K.H. Dedi Ismatullah Machdi, S.H., M.Hum. Adapun program kerja yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, diantaranya melaksanakan konsolidasi organisasi MUI Kota Sukabumi, melaksanakan amanat Musda (Musyawarah Daerah) MUI Kota Sukabumi. dan melaksanakan program lainnya.

Ditandaskan pula, pihaknya akan melanjutkan program kerja yang sudah diagendakan oleh Ketua DP MUI Kota Sukabumi sebelumnya, serta tidak akan membuat program kerja baru, kecuali program tahunan. Namun demikian, pihaknya akan mengkaji ulang program kerja yang sudah diagendakan oleh Ketua DP MUI Kota Sukabumi sebelumnya, mana yang perlu dilanjutkan dan mana yang perlu diperbaiki, serta mana yang perlu ditambah dengan program baru.

Selain itu, pihaknya juga akan berupaya optimal merekatkan hubungan antara Pengurus MUI Kota Sukabumi. Apalagi setelah proses Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Kota Sukabumi dan Provinsi Jawa Barat Tahun 2018, ada sedikit gejolak diantara para ulama serta masyarakat dan ulama. Maksud dan tujuannya, untuk menciptakan dan meningkatkan suasana kondusif Kota Sukabumi supaya lebih baik lagi.

Sementara Sekretaris Umum MUI Kota Sukabumi, Drs. H.M. Kusoymengatakan, dengan terpilihnya Pimpinan Pondok Pesantren Ibaddurrahman Tegal Lega Kota Sukabumi menjadi Ketua Umum DP MUI Kota Sukabumi ini, menjadi harapan baru untuk kemajuan keislaman di Kota Sukabumi, terlebih dalam menegakkan amar maruf nahyi mungkar.

Dijelaskannya, proses penyeleksian Ketua DP MUI Kota Sukabumi ini dilakukan dalam dua tahap, yakni tahap pertama meminta saran dan nasihat kepada Dewan Penasihat MUI Kota Sukabumi, dan Dewan Penasihat MUI Kota Sukabumi mengajukan Pimpinan Pondok Pesantren Ibaddurrahman Tegal Lega Kota Sukabumi, K.H. Fathullah Mansyur, Lc. untuk menjadi Ketua Umum DP MUI Kota Sukabumi, serta tahap kedua keputusan dan saran yang diajukan oleh Dewan Penasihat MUI Kota Sukabumi tersebut harus diputuskan dalam Rapat DP MUI Kota Sukabumi.

Dijelaskan pula, sebelumnya dalam Rapat DP MUI Kota Sukabumi yang dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2018, menetapkan 3 orang Calon Ketua DP MUI Kota Sukabumi, yakni Pimpinan Pondok Pesantren Ibaddurrahman Tegal Lega Kota Sukabumi, K.H. Fathullah Mansyur, Lc. dari Dewan Pertimbangan atau Dewan Penasihat  MUI Kota Sukabumi, K.H. Apep Saefullah dari unsur Pimpinan Harian MUI Kota Sukabumi, dan K.H. Aab Abdullah dari Ketua Komisi Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) Pengkaderan MUI Kota Sukabumi. Namun dalam perjalanannya, K.H. Apep Saefullah dan K.H. Aab Abdullah mengundurkan diri dan menyerahkan sepenuhnya kepada Pimpinan Pondok Pesantren Ibaddurrahman Tegal Lega Kota Sukabumi, K.H. Fathullah Mansyur, Lc.

Leave a Reply