SEBANYAK 50 ORANG PENCARI KERJA SE KOTA SUKABUMI SELAMA 10 HARI DILATIH KETERAMPILAN

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Sebanyak 50 orang pencari kerja dari 7 kecamatan se Kota Sukabumi, selama 10 hari dilatih keterampilan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi, bertempat di Ruangan Pertemuan Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi. PLT (Pelaksana Tugas) Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi, Dra. Hj. Iyan Damayanti, M.Si. menjelaskan, dari 50 orang pencari kerja ini, sebanyak 25 orang dilatih dalam bidang perhotelan, dan sebanyak 25 orang dilatih dalam bidang tata boga, termasuk mental dan etika serta dalam melakukan hubungan sosial.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya pelatihan terhadap para pencari kerja ini, sebagai salah satu upaya dan kepedulian Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi kepada para pencari kerja ini, untuk menjawab tantangan dan kebutuhan perusahaan. Karena para pencari kerja ini harus memiliki keterampilan lebih, disamping pendidikan formal. Dengan demikian, para pencari kerja ini memiliki peluang untuk diterima bekerja di perusahaan.

Dijelaskannya, dari hasil job fair atau bursa kerja tahun 2018 yang difasilitasi oleh Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 17 dan 18 Juli 2018, di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, mayoritas perusahaan mencari para pekerja yang memiliki keterampilan lain, seperti dalam bidang perhotelan, tata boga, kuliner dan yang lainnya. Untuk itu, Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi berupaya optimal membantu para pencari kerja supaya siap bekerja dan diterima bekerja di perusahaan, dengan cara dilatih berbagai keterampilan.

PLT Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi mengharapkan, dengan dilaksanakannya pelatihan ini, dapat memberi sekaligus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kepada para pencari kerja. Sedangkan proses perekrutan pelatihan terhadap para pencari kerja ini, sejak jauh-jauh hari sebelumnya sudah diberitahukan kepada warga masyarakat khususnya para pencari kerja, diantaranya dengan menyebarkan selembaran di setiap kecamatan dan kelurahan se Kota Sukabumi.

Selain itu juga dikatakan, dilaksanakannya pelatihan kepada para pencari kerja ini, bukan hanya sebagai upaya agar para pencari kerja bisa diterima bekerja di perusahaan saja, akan tetapi juga ditekankan agar bisa memiliki usaha dan membuka lapangan kerja sendiri. Adapun upaya untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan serta mewujudkan tujuan tersebut, pihak Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi senantiasa berupaya optimal mengusahakan bantuan modal usaha bagi para pengusaha muda, melalui bantuan dari kementerian, dengan catatan harus memenuhi berbagai persyarataan tertentu dan pembinaan yang dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi. Dikatakan pula, pada tahun 2018 ini bantuan modal usaha bisa keluar sebesar Rp. 3 juta untuk 20 orang, dengan catatan usaha yang ditekuni dan dilakukannya harus sudah berjalan.

Leave a Reply