PARA PELAKU IKM DI KOTA SUKABUMI SUPAYA DAPAT MEMASARKAN PRODUKNYA SECARA ONLINE

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Diskop UKM-PP (Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian) Kota Sukabumi, berupaya optimal mendorong para pelaku IKM (Industri Kecil dan Menengah) di Kota Sukabumi, supaya dapat memasarkan produknya secara online. Seperti dikatakan Kepala Diskop UKM-PP Kota Sukabumi, Drs. Ayep Supriatna, M.M., era digital saat ini harus dimanfaatkan oleh para pelaku IKM di Kota Sukabumi, untuk mengembangkan produknya melalui pemasaran secara online.

Dikatakan pula, selain terkendala dalam melakukan pemasaran, IKM di Kota Sukabumi juga banyak yang terkendala dan keterbatasan permodalan. Dengan demikian, para pelaku IKM di Kota Sukabumi merasa ragu untuk memasarkan produknya secara online, karena selain harus memiliki stok yang banyak, juga waktu tunggu perputaran uangnya pun cukup lama.

Berkaitan dengan hal tersebut, Diskop UKM-PP Kota Sukabumi melakukan kerja sama dengan pihak perbankan di Kota Sukabumi, untuk mempasilitasi para pelaku IKM di Kota Sukabumi, khususnya dalam memenuhi kebutuhan permodalan. Sedangkan untuk pemasaran secara online, di Sukabumi sudah ada KJS (Koperasi Jaringan Sukabumi), yang bisa memberikan pemahaman dan membantu para pelaku IKM di Kota Sukabumi, untuk memasarkan produknya secara online.

Kepala Diskop UKM-PP Kota Sukabumi menjelaskan, semakin banyak platform atau teknologi informasi di Sukabumi yang mendukung ekonomi digital, merupakan peluang bagi para pelaku IKM di Kota Sukabumi, untuk menjangkau konsumen semakin banyak, dengan menggunakan Ponsel atau HP untuk Telepon, SMS, WA (Whats-App) dan Medsos (Media Sosial).

Untuk itu, pihak Diskop UKM-PP Kota Sukabumi  senantiasa berupaya optimal mendorong para pelaku IKM di Kota Sukabumi, supaya bisa melakukan pemasaran secara online, diantaranya dengan melakukan penyuluhan, pelatihan dan yang lainnya. Maksud dan tujuannya, untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada para pelaku IKM di Kota Sukabumi, supaya dapat menjual produknya secara online, termasuk dalam meningkatkan kualitas produknya.

Demikian pula masalah permodalannya, pihak Diskop UKM-PP Kota Sukabumi senantiasa berupaya optimal memfasilitasinya melalui perbankan di Kota Sukabumi. Diharapkannya, dengan berbagai upaya tersebut, para pelaku IKM di Kota Sukabumi dapat meningkatkan dan mengembangkan produknya ke arah yang lebih baik dan besar lagi, sehingga dapat menyerap tenaga kerja yang lebih banyak lagi.

Leave a Reply