DINAS PERHUBUNGAN KOTA SUKABUMI SEDANG MENGKAJI RENCANA PEMBANGUNAN SKY WALK DI KOTA SUKABUMI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Kepala Bidang LLA (Lalu Lintas dan Angkutan) Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, H.R. Imran Whardhani, A.Md.LLAJ., S.IP., M.Si. mengungkapkan, Dinas Perhubungan Kota Sukabumi saat ini sedang mengkaji rencana pembangunan sky walk atau pembangunan jalan di atas jalan di Kota Sukabumi, tepatnya di Jalan A. Yani, mulai dari pengukuran panjang jalan, lebar jalan, trotoar dan yang lainnya.

Adapun maksud dan tujuannya, untuk menata ruas jalan tersebut, khususnya dari PKL (Pedagang Kaki Lima). Karena di trotoar dan badan jalan tersebut banyak berceceran para PKL, serta dapat memicu terhadap kesemrawutan dan kemacetan lalu lintas di ruas jalan tersebut. Sedangkan konsep pembangunan sky walk di Jalan A. Yani Kota Sukabumi ini, seperti sky walk di Cihampelas Bandung.

Dikatakannya, pengkajian terhadap rencana pembangunan jalan tersebut ditargetkan selesai pada tahun 2018 ini, serta akan segera diajukan kepada Wali Kota Sukabumi yang baru hasil Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Kota Sukabumi Tahun 2018, termasuk kepada OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi terkait, untuk ditindaklanjuti dan direalisasikan.

Dikatakan pula, pembangunan jalan tersebut sangat perlu dan penting dilakukan, karena kapasitas dan lebar jalan di jalan tersebut terus berkurang, yang disebabkan oleh berbagai faktor termasuk oleh para PKL. Selain itu juga dikatakan, apabila pembangunan jalan tersebut sudah direalisasikan, para PKL yang berjualan di trotoar dan badan jalan tersebut bisa ditertibkan, sehingga tidak mengganggu dan menimbulkan kemacetan lalu lintas di jalan tersebut.

Lebih lanjut Kepala Bidang LLA Dinas Perhubungan Kota Sukabumi mengatakan, selama melakukan proses pengkajian terhadap rencana pembangunan jalan tersebut, pihak Dinas Perhubungan Kota Sukabumi tidak menemukan kendala yang signifikan, terutama yang dapat menghambat terhadap proses pengkajian dan penyurpaian.

Selain itu, Kepala Bidang LLA Dinas Perhubungan Kota Sukabumi mengharapkan, pembangunan jalan tersebut pada tahun 2019 mendatang sudah dapat direalisasikan. Dengan demikian, kesemrawutan dan kemacetan lalu lintas di jalan tersebut dapat diatasi. Untuk itu, seluruh OPD dan instansi terkait agar mendukung dan membantu secara optimal, supaya pembangunan jalan tersebut dapat direalisasikan pada tahun 2019 mendatang.

Leave a Reply