DISKOMINFO KOTA SUKABUMI MELAKSANAKAN DISKUSI PENYELENGARAAN DATA SEKTORAL DAERAH DAN STATISTIK

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi, melaksanakan Diskusi Penyelengaraan Data Sektoral Daerah dan Statistik serta Bimtek (Bimbingan Teknis) Sistem Aplikasi Apdet TIK (Teknologi, Informasi dan Komunikasi) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 23 dan 24 Juli 2018, di Aula Fresh Hotel Kota Sukabumi, serta dibuka secara resmi oleh Kepala Diskominfo Kota Sukabumi, Drs. H. Gabril Majid Sukarman, M.Pd. Hadir dalam kesempatan tersebut, para Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi dan para tamu undangan lainya.

Dalam sambutanya Kepala Diskominfo Kota Sukabumi  menandaskan, ada perubahan Tupoksi ( Tugas Pokok dan Fungsi) dan tata kerja di lingkungan Pemerintahan Kota Sukabumi, khususnya yang dinaungi oleh Perda (Peraturan Daerah) Kota Sukabumi Nomor 9 Tahun 2016, yakni Kominfo yang dulunya Kantor berubah menjadi Dinas, serta salah satu tugas pokoknya yakni mengelola statistik sektoral dan persandian.

Dijelaskannya, statistik awalnya dilaksanakan oleh Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kota Sukabumi, dan sekarang dilaksanakan oleh Diskominfo Kota Sukabumi. Dijelaskan pula, statistik sangat penting, terutama dalam pembangunan di Kota Sukabumi. Demikian pula sebuah data dan informasi yang diberikan atau diterima, merupakan hasil dari pengelolaan data dan informasi di era modern saat ini. Sebab suatu data dan informasi menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan warga masyarakat hampir dalam kehidupan sehari-hari, karena tidak akan terlepas dari data dan informasi.

Oleh karenanya, Kepala Diskominfo Kota Sukabumi meminta kepada seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) termasuk kecamatan dan kelurahan se Kota Sukabumi, agar memberikan data yang valid dan benar ke Diskominfo Kota Sukabumi. Karena pada saat ini, berbagai data tidak harus ditulius di kertas saja, tapi juga harus ditulis dan disimpan di komputer.

Sementara Kepala Seksi Pengelolaan Data Statistik Diskominfo Kota Sukabumi, Dicky Faizal Rahmat, S.IP. menjelaskan, maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, diantaranya untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta kemampuan dan keterampilan aparat di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya dalam mengimplementasikan penyelengaraan data sektoral daerah dan statistik, sesuai dengan konsep, strategi dan karakteristik serta program pembangunan di Kota Sukabumi.

Sedangkan yang bertindak sebagai nara sumber dalam kegiatan ini, yakni Kepala Bapeda Kota Sukabumi, Kepala BPS (Badan Pusat Statistik) Kota Sukabumi, Kepala Bidang Statistik Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Provinsi Jawa Barat, dan Kepala Seksi Pengelolaan Infrastruktur Diskominfo Provinsi Jawa Barat.

Leave a Reply