BAGIAN HUKUM SETDA KOTA SUKABUMI MENYELENGGARAKAN SOSIALISASI PRODUK HUKUM DAERAH

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Bagian Hukum Setda Kota Sukabumi, menyelenggarakan Sosialisasi Produk Hukum Daerah di Kelurahan Tipar, Kecamatam Citamiang, Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 24 Juli 2018, di Ruangan Pertemuan Kantor Kelurahan Tipar, serta dibuka secara resmi oleh Lurah Tipar, Yudi Saripudin, S.H.

Dalam sambutanya Lurah Tipar menjelaskan, kegiatan ini sangat penting dilaksanakan, supaya aparat dan warga masyarakat Kelurahan Tipar mengetahui dan memahami dengan benar tentang produk hukum daerah. Dengan demikian, segenap aparat dan warga masyarakat  dapat mematuhi dan menaati terhadap produk hukum daerah yang diterbitkan dan ditetapkan oleh Pemerintah Kota Sukabumi dan DPRD Kota Sukabumi.

Sementara Kepala Sub Bagian Dokumentasi dan Informasi Hukum Bagian Hukum Setda Kota Sukabumi, Nenden Eviyanti, S.H. menjelaskan, maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, diantaranya untuk memplubikasikan produk hukum daerah yang telah diterbitkan dan ditetapkan oleh Pemerintah Kota Sukabumi dan DPRD Kota Sukabumi.

Selain itu, Kepala Sub Bagian Dokumentasi dan Informasi Hukum Bagian Hukum Setda Kota Sukabumi mengharapakan, dengan dilaksanakannya kegiatan ini, segenap aparat dan warga masyarakat mengetahui dan memahami sekaligus mematuhi dan menaati produk hukum daerah yang telah diterbitkan dan ditetapkan, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) yang berhak menegakkan produk hukum daerah ini, yakni Dinas Sat Pol PP Pol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Kota Sukabumi. Namun sebelum produk hukum daerah ini ditegakkan, terlebih dahulu dilaksanakan sosialisasi kepada segenap aparat dan warga masyarakat. Dikatakannya, dalam menegakkan produk hukum daerah ini, diawali dengan edukasi dan pendekatan terlebih dahulu, dilanjutkan teguran lisan dan teguran tertulis serta terakhir penerapan sanksi, sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Adapun yang bertindak sebagai nara sumber dalam kegiatan tersebut, yakni dari Polres Sukabumi Kota, Dinas Sat Pol PP Kota Sukabumi, dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Sukabumi. Sedangkan peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, antara lain Kepala Seksi Trantib (Ketenteraman dan Ketertiban) Kelurahan Tipar, LPM, TP PKK, RW dan RT, serta LSM dan warga masyarakat Kelurahan Tipar lainnya.

Leave a Reply