PRESIDEN RI MELAKUKAN PERTEMUAN DENGAN WALI KOTA SE INDONESIA

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, melakukan pertemuan dengan Wali Kota se Indonesia, tepatnya tanggal 23 Juli 2018, di Istana Kepresidenan Bogor. Maksud dan tujuannya, yakni Presiden RI ingin mendengar langsung dari Wali Kota se Indonesia, terkait dengan berbagai hal dan permasalahan yang ada dan dihadapi di setiap kota se Indonesia, sekaligus dicarikan solusi terbaiknya secara bersama-sama.

Adapun salah satu hal yang ingin didengar langsung oleh Presiden RI dari Wali Kota se Indonesia ini, yakni masalah perkembangan perekonomian di setiap kota se Indonesia, termasuk berbagai kendala dan permasalahannya yang dihadapi. Karena seperti dijelaskan Presiden RI, bahwa pada saat ini hampir di seluruh negara mengalami hal yang sama, yakni tekanan ekonomi global, akibat perang dagang Amerika dan Tiongkok. Selain itu, juga adanya kenaikan suku bunga Bank Sentral Amerika Serikat.

Dalam kesempatan tersebut, Penjabat Wali Kota Sukabumi, Drs. H. Dady Iskandar, M.M., menanyakan terkait 3 janji Presiden RI yang akan direalisasikan dan diselesaikan. Antara lain pembangunan Jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) yang ditargetkan selesai sampai ke Sukabumi pada tahun 2019 mendatang. Selanjutnya pembangunan double track atau jalur ganda Kereta Api Bogor-Sukabumi, yang pembangunannya ditargetkan selesai pada tahun 2020 mendatang, serta pembangunan Bandara di Sukabumi.

Karena ke 3 pembangunan tersebut sangat penting direalisasikan. Sebab jalan yang ada saat ini, khususnya yang menghubungkan Bogor-Sukabumi dan sebaliknya, sudah tidak memenuhi kebutuhan lagi, sehingga hampir di sepanjang ruas jalan yang ada saat ini sering terjadi kemacetan lalu lintas yang cukup signifikan. Selain itu, juga sangat berdampak terhadap kelancaran transportasi dan distribusi berbagai jenis barang, serta investasi ke wilayah Kota Sukabumi.

Dikatakannya, pembangunan tersebut sangat penting direalisasikan, sebagai salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan lalu lintas, khususnya pada jalur jalan Bogor-Sukabumi dan sebaliknya. Dikatakan pula, apabila pembangunan tersebut sudah selesai direalisasikan, dapat menunjang terhadap kelancaran transportasi dan distribusi berbagai jenis barang, serta peningkatan investasi, perekonomian dan kesejahteraan warga masyarakat.

Pertanyaan Penjabat Wali Kota Sukabumi tersebut, langsung dijawab dan ditanggapi oleh Presiden RI secara antusias,  bahwa ke 3 janji pembangunan tersebut akan diselesaikan, sesuai dengan jadwal waktu yang telah ditetapkan dan ditargetkan.

Leave a Reply