PENJABAT WALI KOTA SUKABUMI MENGIKUTI RAKORNAS KE 9 TPID TAHUN 2018

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Penjabat Wali Kota Sukabumi, Drs. H. Dady Iskandar, M.M., mengikuti Rakornas (Rapat Koordinasi Nasional) Ke 9 TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) Tahun 2018, yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia, tepatnya tanggal 26 Juli 2018, di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta. Kegiatan yang mengusung tema Mempercepat Pembangunan Infrastruktur untuk Mewujudkan Stabilitas Harga dan Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif serta Berkualitas ini, dibuka secara resmi oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, ditandai dengan Pemukulan Gong.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, S.H., Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral), Archandra Tahar, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Winboh Santoso, dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, mengucapkan terima kasih kepada seluruh Kepala Daerah yang hadir dalam mengikuti Rakornas Ke 9 TPID Tahun 2018 ini. Sebab dalam tiga tahun terakhir, capaian inflasi yang rendah, yakni di bawah 4 persen. Hal ini tidak terlepas dari kinerja semua pihak, termasuk Kepala Daerah. Untuk itu, berbagai upaya pengendalian inflasi ini harus terus dilakukan, khususnya koordinasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, serta harus senantiasa ditingkatkan. Ucapan terima kasih Presiden RI tersebut, juga duisampaikan kepada TPIP (Tim Pengendalian Inflasi Pusat) dan TPID. Dikatakannya, koordinasi antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah semakin baik, serta sudah ada Satgas (Satuan Petugas) Pangan dari mulai pusat hingga daerah.

Sementara Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, dalam laporannya menjelaskan, beberapa capaian penting pengendalian inflasi, merupakan buah dari koordinasi kebijakan yang semakin kuat antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah dan Bank Indonesia, dalam menjaga stabilitas makro-ekonomi. Berkaitan dengan hal tersebut, Gubernur Bank Indonesia sangat mengapresiasi terhadap dukungan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, melalui berbagai program inovatif yang telah dilakukan oleh TPIP dan TPID, sehingga sampai dengan pertengahan tahun 2018, inflasi tetap terkendali. Bahkan realisasi inflasi pada periode Idul Fitri tahun 2018 lebih rendah apabila dibandingkan dengan 3 tahun terakhir, yakni dari tahun 2015 sampai derngan tahun 2017. Keberhasilan ini sangat penting, karena menentukan capaian inflasi pada akhir tahun 2018 dan tahun-tahun mendatang.

Leave a Reply