DALAM MUSIM KEMARAU SAAT INI DEBIT AIR PDAM TBW KOTA SUKABUMI MULAI BERKURANG

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Seperti diungkapkan Direktur PDAM TBW (Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bumi Wibawa) Kota Sukabumi, Anton Rachman Suryana, S.Sos., M.AP., dalam musim kemarau saat ini, debit air PDAM TBW Kota Sukabumi mulai berkurang, sehingga sangat berdampak terhadap pendistribusian air kepada para pelanggan PDAM TBW Kota Sukabumi. Berkaitan dengan hal tersebut, untuk menunjang kelancaran sekaligus memenuhi kebutuhan air bagi para pelanggan PDAM TBW Kota Sukabumi, pihaknya kembali mengaktifkan 2 sumur sumber air dari sebelumnya 5 sumur yang aktif, dan durasi waktu pendistribusian air kepada para pelanggan ditambah 10 jam.

Selain itu, PDAM TBW Kota Sukabumi juga sudah menyiapkan armada dan petugas, untuk melayani dan memenuhi kebutuhan air bagi warga masyarakat Kota Sukabumi yang terdampak kekeringan dan kesulitan mendapatkan air bersih. Namun demikian, hingga saat ini pihak PDAM TBW Kota Sukabumi belum menerima permintaan pendistribusian air bersih dari warga masyarakat yang terdampak kekeringan dan kesulitan mendapatkan air bersih. Dijelaskannya, apabila melihat zona sumber air di Kota Sukabumi, Kecamatan Baros dan Kecamatan Lembursitu masuk dalam zona merah sumber air.

Dikatakannya, bagi warga masyarakat Kota Sukabumi yang mengalami kesulitan mendapatkan air bersih bersih serta ingin mendapat pasokan air bersih dari PDAM TBW Kota Sukabumi, harus sesuai dengan prosedur, yakni terlebih dahulu harus melapor kepada Ketua RT dan RW, serta kepada Lurah dan Camat masing-masing, yang selanjutnya disampaikan kepada BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Derah) Kota Sukabumi dan PDAM TBW Kota Sukabumi, untuk ditindaklanjuti dan direalisasikan.

Dikatakan pula, upaya pasokan air bersih kepada warga masyarakat Kota Sukabumi yang terdampak kekeringan dan kesulitan mendapatkan air bersih ini, merupakan tugas dan tanggung jawab sekaligus sebagai salah satu bentuk nyata perhatian dan kepedulian serta pengabdian PDAM TBW Kota Sukabumi kepada warga masyarakat Kota Sukabumi. Disamping itu, Direktur PDAM TBW Kota Sukabumi, menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat dan para pelanggan PDAM TBW Kota Sukabumi, agar senantiasa berupaya optimal melakukan penghematan pengunaan air, yakni dalam setiap menggunakan air harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Leave a Reply