PENJABAT WALI KOTA SUKABUMI MEMBUKA SOSIALISASI PERGUB JAWA BARAT NOMOR 21 TAHUN 2017

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Penjabat Wali Kota Sukabumi, Drs. H. Dady Iskandar, M.M., hari Selasa, 31 Juli 2018, di Ruangan Pertemuan Setda Kota Sukabumi, secara resmi membuka Sosialisasi Pergub (Peraturan Gubernur) Jawa Barat Nomor 21 Tahun 2017, Tentang Rencana Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai Cisadea dan Cibareno.

Dalam sambutannya, Penjabat Wali Kota Sukabumi menjelaskan, Sumber Daya Air merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa, selain berperan sebagai penopang sistem kehidupan juga sebagai modal dalam pembangunan. Karena Sumber Daya Air menyangkut   kepentingan banyak sektor, serta Daerah Pengalirannya menembus batas-batas wilayah administrasi Kabupaten dan Kota, sekaligus merupakan kebutuhan pokok bagi kehidupan.

Dijelaskan pula, untuk dapat mengkoordinasikan berbagai kepentingan semua pihak, serta untuk mendorong peningkatan peran masyarakat dalam pengelolaan Sumber Daya Air di Provinsi Jawa Barat, Gubernur Jawa Barat telah menetapkan Pergub Jawa Barat Nomor  21 Tahun 2017, Tentang Rencana Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai Cisadea-Cibareno, yang fungsinya sebagai dasar penyusunan program dan rencana kegiatan setiap sektor yang terkait dengan Sumber Daya Air di Wilayah Sungai Cisadea-Cibareno.

Penjabat Wali Kota Sukabumi mengharapkan, dengan telah ditetapkannya Pergub Jawa Barat Nomor  21 Tahun 2017 ini, dapat menjadi pedoman dalam penyusunan, peninjauan kembali dan penyempurnaan rencana tata ruang wilayah di Kabupaten dan Kota serta Provinsi Jawa Barat, khususnya dalam melakukan pengelolaan Sumber Daya Air yang bersinergi dan berkelanjutan.

Sementara Kepala Bidang Perencanaan Teknik Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat, Eko Priastono, S.T., MPPM. menjelaskan, Sosialisasi Pergub Jawa Barat Nomor 21 Tahun 2017 ini, diikuti oleh Perangkat Daerah Provinsi Jawa Barat, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur, serta Sekretariat dan Anggota TKP SDA WS Cisadea-Cibareno.

Selanjutnya HKTI, Aspadin, FKDI, GP3A, PPNSI, Forum Jabsel, PKM-JBS, Suling, Dampal Jurig, KTHR, CINDEV, Forgab P3A, Sinurat Layung, Buana Lestari, Lembaga Pengkaji dan Penyelamat Lingkungan Hidup, PDAM dan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Sedangkan yang bertindak sebagai Nara Sumber, Heriyanto, Dipl.HE. dan Dr. M. Ruhimat, M.E., serta yang bertindak sebagai Moderator, Anggota Dewan Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat, Drs. Dadang Sudarja.

Leave a Reply