DINAS PERHUBUNGAN KOTA SUKABUMI AKAN MENAMBAH SEBANYAK 216 PJU DI KOTA SUKABUMI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, menurut rencana dalam tahun 2018 ini akan menambah sebanyak 216 PJU (Penerangan Jalan Umum), di sejumlah titik di wilayah Kota Sukabumi, khususnya di wilayah yang masih kurang fasilitas PJU-nya. Seperti dijelaskan Kepala Seksi PJU (Penerangan Jalan Umum) Bidang Keselamatan Lalu Lintas dan Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Lutpi Alip, S.T., dari sebanyak PJU tersebut, diantaranya sebanyak 150 PJU Lingkungan, 45 PJU Smart, 2 PJU Fuld Light, dan 8 PJU Solar, serta akan menghabiskan biaya sebesar Rp. 1,8 milyar.

Dijelaskan pula, rencana penambahan PJU ini, untuk menunjang aktivitas warga masyarakat pada malam hari, terutama pada saat melintas jalan protokol, gang dan fasilitas publik lainnya. Lebih jauh dijelaskan, ke 216 PJU ini, akan dipasang di 7 wilayah kecamatan se Kota Sukabumi. Namun yang paling banyak akan dipasang di wilayah Bacile, yakni wilayah Kecamatan Baros, Kecamatan Cibeureum dan Kecamatan Lembursitu.

Sedangkan untuk PJU Smart, akan dipasang di ruas Jalan Sejahtera, serta untuk PJU Fuld Light akan dipasang di kawasan Obyek Wisata Pemandian Air Panas Cikundul dan Bumi Perkemahan Cikundul. Maksud dan tujuannya, untuk mendongkrak sekaligus meningkatkan kunjungan warga masyarakat ke obyek wisata tersebut. Sementara untuk PJU Solar, yang paling banyak akan dipasang di wilayah Kecamatan Baros.

Kepala Seksi PJU Bidang Keselamatan Lalu Lintas dan Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi menandaskan, pemasangan PJU tersebut sudah melalui proses pertimbangan dan pengkajian, sesuai dengan kebutuhan. Dikatakannya, kendati setiap tahun dilakukan penambahan PJU, namun PJU di Kota Sukabumi masih mengalami kekurangan sekitar 2.000 PJU lagi. Karena kebutuhan PJU di Kota Sukabumi ini seluruhnya mencapai 6.000 PJU, dan saat ini baru mencapai 4.000 PJU.

Untuk itu, Seksi PJU Bidang Keselamatan Lalu Lintas dan Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, akan senantiasa berupaya optimal memenuhi kebutuhan PJU tersebut secara bertahap, supaya seluruh wilayah Kota Sukabumi dapat diterangi. Adapun kendala yang dialami dan dihadapi Seksi PJU Bidang Keselamatan Lalu Lintas dan Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi dalam melakukan pemasangan dan pemeliharaan PJU di Kota Sukabumi, diantaranya faktor cuaca. Sebab selain dapat menghambat terhadap pemasangan PJU, juga dapat merusak PJU.

Leave a Reply