REALISASI PAJAK DAERAH KOTA SUKABUMI HINGGA SEMESTER 1 TAHUN 2018 SUDAH MENCAPAI 70,94 PERSEN

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Seperti diungkapkan Kepala Bidang Penagihan Pajak dan Bukan Pajak BPKD (Badan Pengelolaan Keuangan Daerah) Kota Sukabumi, H. Unang Djunaedi Djuminta, S.E., didampingi Kepala Bidang Pendaftaran dan Penetapan BPKD Kota Sukabumi, Rakhman Gania Kusuma, S.T., M.T., realisasi Pajak Daerah Kota Sukabumi, hingga Semester 1 Tahun 2018 sudah mencapai 70,94 persen, atau sudah mencapai Rp. 25,5 milyar lebih, dari target yang tetapkan sampai dengan akhir tahun 2018 sebesar Rp. 35,9 milyar lebih.

Untuk itu, Kepala Bidang Penagihan Pajak dan Bukan Pajak BPKD Kota Sukabumi mengatakan merasa optimis, bahwa target pajak tersebut dapat dicapai bahkan bisa melebihi target yang ditetapkan seperti pada tahun-tahun sebelumnya, karena pada saat ini hanya tinggal sebesar 29,06 persen atau hanya tinggal sebesar Rp. 10,4 milyar lagi.

Adapun rincian realisasi Pajak Daerah Kota Sukabumi tersebut, terdiri dari pajak hotel sebesar 52,49 persen dari target sebesar Rp. 2,5 millyar lebih, pajak restoran 61,43 persen dari terget Rp. 7,1 milyar, pajak hiburan 50 persen dari target Rp. 800 juta, pajak reklame 87,40 persen dari terget Rp. 820 juta, dan pajak penerangan jalan 61,64 persen dari target Rp. 8 miliar.

Selanjutnya pajak parkir 59,4 persen dari target Rp. 330 juta, pajak air bawah tanah 53 persen dari terget Rp. 144 juta, PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) 43 persen dari target Rp. 8,2 milyar, dan BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) 124,43 persen atau sudah melebihi target sebesar 24,43 persen dari target Rp. 8 milyar.

Dikatakannya, Bidang Penagihan Pajak dan Bukan Pajak BPKD Kota Sukabumi, akan senantiasa berupaya optimal meningkatkan pemantauan terhadap seluruh objek pajak yang ada di Kota Sukabumi, supaya pada akhir tahun 2018 dapat mencapai target, bahkan bisa melebihi target. Selain itu, juga akan senantiasa berupaya optimal menggali berbagai potensi pajak daerah yang hingga saat ini belum tergali di Kota Sukabumi.

Sedangkan upaya lainnya yang dilakukan Bidang Penagihan Pajak dan Bukan Pajak BPKD Kota Sukabumi dalam mencapai target pajak tersebut, diantaranya dengan memanfaatkan informasi dan teknologi, yakni melalui sistem pajak online. Maksud dan tujuannya, untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada segenap lapisan warga masyarakat, khususnya para wajib pajak di Kota Sukabumi dalam melakukan pembayaran pajak, sesuai dengan perkembangan Informasi dan teknologi yang semakin maju.

Leave a Reply