DLH KOTA SUKABUMI DALAM WAKTU DEKAT AKAN MEMBENTUK SATGAS SUNGAI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi, dalam waktu dekat menurut rencana akan membentuk Satgas (Satuan Petugas) Sungai. Maksud dan tujuannya, seperti dikatakan Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Pengawasan Lingkungan DLH Kota Sukabumi, Yuyuh Subhanudin, S.T., untuk mengantisipasi dan menangani pencemaran air sungai yang melintas ke wilayah Kota Sukabumi dari berbagai jenis limbah, khususnya Limbah Domestik atau Limbah Rumah Tangga.

Karena berdasarkan data yang ada di DLH Kota Sukabumi, dari 25 aliran sungai yang melintas ke wilayah Kota Sukabumi sangat didominasi oleh Limbah Domestik. Adapun ke 25 aliran sungai tersebut, terdiri dari sungai Cimandiri, Ceger, Cisuda, Tonjong, Cipanengah, Cipelang, Cibeureum, Cibitung, Cisarua, Cisaray, Tipar, dan sungai Cikapek. Selanjutnya sungai Cigunung, Cipelang Leutik, Ciseupan, Ciwalung, Cipada, Selakaso, Ciaul, Babakan Jampang, Cipasir, Ciseureuh, Cijambe, Cikapundung, dan Sungai Cipicung.

Hal tersebut, menurut Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Pengawasan Lingkungan DLH Kota Sukabumi tidak bisa dibiarkan, serta harus segera diantisipasi dan ditangani secara optimal. Sedangkan jenis Limbah Domestik yang mencemari air sungai yang melintas ke wilayah Kota Sukabumi ini dibagi dalam 2 kategori, yakni Limbah Domestik Cair dan Limbah Domestik Padat. Adapun jenis Limbah Domestik Cair seperti air bekas mencuci yang mengandung deterjen, minyak dan kotoran manusia. Sementara Limbah Domestik Padat seperti kertas, kardus dan barang-barang bekas yang sudah tidak digunakan, seperti perabot rumah tangga dan sebagainya.

Dikatakan pula, kendati Limbah Domestik sangat dominan mencemari air sungai yang melintas ke wilayah Kota Sukabumi, tapi tingkat pencemarannya masih tergolong rendah. Namun demikian, hal tersebut harus segera diantisipasi dan ditangani secara optimal. Sebab apabila dibiarkan, tingkat pencemarannya akan semakin tinggi dan membahayakan, serta dapat mengancam terhadap kesehatan lingkungan dan kesehatan warga masyarakat di sekitarnya.

Untuk itu, Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Pengawasan Lingkungan DLH Kota Sukabumi menargetkan, Satgas Sungai ini pada tahun 2019 mendatang sudah terbentuk serta sudah dapat menjalankan tugas dan fungsinya, termasuk melaksanakan sosialisi dan penyuluhan kepada segenap lapisan warga masyarakat, agar tidak membuang Limbah Domestik sembarangan khususnya ke sungai, sebab dapat mencemari air sungai. Dikatakannya, hal tesebut bukan merupakan tugas dan tanggung jawab pemerintah saja, akan tetapi merupakan tugas dan tanggung jawab semua pihak, yakni pemerintah dan segenap lapisan warga masyarakat.

Leave a Reply