SEKITAR 2 HEKTAR SAWAH DI KOTA SUKABUMI MULAI TERKENA DAMPAK MUSIM KEMARAU

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Kepala DKP3 (Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan) Kota Sukabumi, Ir. Hj. Kardina Karsoedi, M.T. mengungkapan, sekitar 2 hektar sawah di Kampung Lemburpasir, Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, mulai terkena dampak musim kemarau, yakni mulai kekeringan. Dengan demikian, para petani yang menggarap sawah di kampung tersebut terpaksa menghentikan aktivitas bertaninya, karena sawahnya mulai kekeringan.

Dijelaskannya, lahan sawah yang terkena dampak musim kemarau tersebut, sudah rutin pada setiap terjadi musim kemarau. Bahkan para petani yang menggarap lahan sawah di kampung tersebut sudah legowo menerima keadaan tersebut, karena sudah rutin terjadi pada setiap musim kemarau. Adapun salah satu faktor yang menjadi penyebabnya, karena aliran air sungai dari hulunya yang berada di wilayah Kabupaten Sukabumi, pada setiap terjadi musim kemarau senantiasa kering.

Dijelaskan pula, berbagai upaya sudah dilakukan oleh DKP3 Kota Sukabumi, khususnya dalam menjaga stabilitas air di areal sawah tersebut. Namun sangat sulit diwujudkan, karena sumber air lainnya yang berdekatan dengan areal sawah tersebut juga sudah kering. Selain itu, pihak DKP3 Kota Sukabumi juga sudah mencoba menangani masalah tersebut, dengan menyedot air menggunakan Pompa Air, namun hasilnya tidak memuaskan dan tidak memernuhi kebutuhan, karena tidak bisa mengairi seluruh areal sawah tersebut, sebab sumber airnya sudah kering.

Menyinggung total luas lahan sawah di Kota Sukabumi, seperti diungkapkan Kepala DKP3 Kota Sukabumi, saat ini hanya tinggal tersisa sekitar 1.484 hektar lagi, tersebar di 7 wilayah kecamatan dan 33 kelurahan se Kota Sukabumi. Dikatakannya, dari total luas lahan sawah tersebut, hanya sekitar 2 hektar yang paling sering terkena dampak musim kemarau, yakni lahan sawah yang ada di Kampung Lemburpasir, Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi. Sedangkan untuk lahan sawah yang lainnya relatif aman pada saat terjadi musim kemarau.

Sementara sejumlah petani yang menggarap sawah di Kampung Lemburpasir, Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi menjelaskan, lahan sawah di kampung ini sudah rutin mengalami kekeringan hampir pada setiap terjadi musim kemarau. Dengan demikian, para petani yang menggarap sawah di kampung ini tidak merasa panik dan khawatir, karena sudah faham dan sudah biasa. Selain itu, para petani yang menggarap sawah di kampung ini sudah memiliki jadwal masa tanam, dan pada saat terjadi musim kemarau tidak melakukan aktivitas penanaman.

Leave a Reply