ASISTEN PEMERINTAHAN SETDA KOTA SUKABUMI MELAUNCHING E-ARSIP

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Andri Setiawan, M.M., melaunching E-Arsip sekaligus membuka secara resmi sosialisasi pelatihan dan penerapan implementasi SIKD (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis), bagi Pengelola Arsip SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 3 Agustus 2018, di Operation Room Setda Kota Sukabumi. Hadir dalam kesempatan tersebut, Direktur Kearsipan Daerah II Arsip Nasional RI, Drs. Asep Mukhtar Mawardi, M.Hum., para Kepala SKPD, para Camat dan  Lurah se Kota Sukabumi, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutanya, Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi mengatakan menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dispusip (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan) Kota Sukabumi, yang telah melaksanakan sosialisasi pelatihan dan penerapan implementasi SIKD bagi Pengelola Arsip SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi.

Selain itu, Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi mengharapkan kepada Pengelola Arsip di setiap SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar mengelola arsip sekaligus menyimpan arsip dengan baik dan benar serta rapih dan tertib, supaya setia arsip tidak sulit dicari dan tidak memerlukan waktu yang lama pada saat diperlukan.

Sebab arsip merupakan salah satu sumber informasi serta membutuhkan sistem pengelolaan yang tepat, supaya dapat menciptakan efektifitas, efesiensi dan produktifitas bagi organisasi. Untuk itu, dalam mengelola arsip ini dibutuhkan manajemen arsip dinamis yang baik, agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya, serta dapat memperlancar perkembangan organisasi secara keseluruhan.

Sementara Kepala Dispusip Kota Sukabumi, Nicke Siti Rahayu, S.H., M.H. menjelaskan, E-Arsip sebuah aplikasi SIKD, yang dikelola oleh seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, dari yang semula pengelolaannya menggunakan sisrtem manual menjadi sistem digital. Karena pengelolaan arsip ini harus tertib dan selamat serta harus dilestarikan.

Dikatakannya, Dispusip Kota Sukabumi merupakan salah satu lembaga kearsipan, memiliki kewajiban untuk menjaga dan menertibkan arsip yang ada di Kota Sukabumi, baik yang dikeluarkan maupum yang diterima oleh Pemerintah Kota Sukabumi. Dikatakan pula, arsip ini bukan berupa arsip surat saja, akan tetapi juga arsip statis seperti penghargaan yang tidak bisa digantikan, serta arsip pital seperti bukti kepemilikan tanah dan gedung, yang harus dijaga dan diamankan.

Leave a Reply