STOK DARAH DI PMI KOTA SUKABUMI SAAT INI SUDAH MULAI NORMAL KEMBALI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Stok darah di PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Sukabumi, saat ini sudah mulai normal kembali. Wakil Ketua UTD (Unit Transfusi Darah) PMI Kota Sukabumi, Feri Pebriana, S.Pdi., M.Si. mengungkapkan, dalam beberapa pekan yang lalu, stok darah di PMI Kota Sukabumi mengalami kekurangan secara signifikan, bahkan dapat dikatakan krisis labu darah.

Diungkapkan pula, dari awal bulan Juli 2018 hingga saat ini, labu darah yang masuk ke PMI Kota Sukabumi rata-rata per hari mencapai antara 30 sampai dengan 50 labu darah. Jumlah labu darah tersebut, hampir sama dengan permintaan warga masyarakat. Adapun total labu darah yang masuk ke PMI Kota Sukabumi, yakni mencapai 1.200 labu darah, dari target sebanyak 1.700 labu darah. Selain itu juga diungkapkan, dari total labu darah tersebut dipotong permintaan warga masyarakat setiap hari, yakni mencapai antara 30 hingga 50 labu darah. Dengan demikian, total stok labu darah di PMI Kota Sukabumi, saat ini hanya tinggal tersisa sebanyak 296 labu darah.

Wakil Ketua UTD PMI Kota Sukabumi menjelaskan, dari total sisa labu darah tersebut, terdiri dari golongan darah A sebanyak 47 labu darah, golongan darah B sebanyak 84 labu darah, golongan darah AB sebanyak 37 labu darah, dan golongan darah O sebanyak 128 labu darah. Dijelaskan pula, kebutuhan darah di PMI Kota Sukabumi, pada akhir bulan bisa diketahui, apakah mencukupi kebutuhan atau tidak. Karena perhitungan kebutuhannya, senantiasa dilaksanakan pada setiap akhir bulan.

Sedangkan permintaan golongan darah dari warga masyarakat ke PMI Kota Sukabumi yang paling banyak, yakni golongan darah B dan O, yang total permintaannya mencapai 60 persen. Namun demikian, pihaknya tidak merasa khawatir. Karena para pendonor darah di Kota Sukabumi, mayoritas memiliki darah dari dua golongan darah tersebut. Malah golongan darah A dan AB yang sulit didapatkan dari para pendonor darah di Kota Sukabumi, dan permintaannya pun hanya mencapai 40 persen, yakni untuk golongan darah A sebanyak 30 persen, dan untuk golongan darah AB sebanyak 10 persen.

Disamping itu, Wakil Ketua UTD PMI Kota Sukabumi mengatakan, pihaknya senantiasa berupaya optimal memenuhi kebutuhan darah di Kota Sukabumi, yakni setiap hari melaksanakan kegiatan donor darah, baik di dalam maupun di luar UTD PMI Kota Sukabumi. Diantaranya di KDDS (Kampung Donor Darah Sukarela), di setiap titik keramaian Kota Sukabumi seperti mall dan sebagainya, termasuk ke setiap sekolah dan perguruan tinggi, serta perkantoran pemerintah dan swasta yang ada di wilayah Kota Sukabumi.

Leave a Reply