DKP3 KOTA SUKABUMI BERUPAYA OPTIMAL MENINGKATKAN PRODUKSI BENIH IKAN

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

DKP3 (Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan) Kota Sukabumi, senantiasa berupaya optimal meningkatkan produksi benih ikan. Untuk itu, menurut Kepala Bidang Perikanan DKP3 Kota Sukabumi, Ir. Budi Buntaran, M.Si., berbagai fasilitas, sarana dan prasarana penunjang terus ditingkatkan, supaya bisa mencapai dan melampaui target produksi benih ikan yang ditetapkan.

Adapun target produksi benih ikan mas dan nila pada tahun 2018 ini, mencapai 1,5 juta ekor benih ikan. Dikatakannya, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan dalam mencapai target tersebut, pihaknya melakukan perbaikan dan pembangunan kolam ikan baru, termasuk berbagai perlengkapan lainnya di BBI (Balai Benih Ikan) Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi.

Dikatakan pula, produksi benih ikan pada tahun-tahun sebelumnya senantiasa melebihi target yang ditetapkan. Bahkan dalam setiap tahunnya, rata-rata sebanyak 200.000 ekor benih ikan ditebar ke sejumlah aliran sungai yang ada di wilayah Kota Sukabumi, untuk menjaga ekosistem. Disamping itu juga dikatakan, pada tahun lalu produktivitas benih ikan melebihi target yang ditetapkan, yakni kurang lebih sekitar 1.250.000 ekor benih ikan.

Menyinggung angka konsumsi ikan di Kota Sukabumi, seperti diungkapkan Kepala Bidang Perikanan DKP3 Kota Sukabumi berada pada angka 39,47 kilogram perkapita. Angka tersebut terbilang cukup tinggi di Jawa Barat. Sedangkan produksi benih ikan dari BBI Kota Sukabumi, dipasarkan ke bebagai daerah, diantaranya ke daerah Cianjur dan Bogor, tergantung permintaan.

Dalam pada itu, sejumlah petani ikan di Kota Sukabumi mengatakan, benih ikan mas dan nila termasuk ikan koi produksi BBI Kota Sukabumi, selain kualitasnya terjamin juga harganya relatif murah, sebab disubsidi oleh pemerintah. Hal tersebut sangat membantu dan dapat meringankan beban para petani ikan, khususnya dalam membeli benih ikan, baik ikan mas dan nila maupun ikan koi.

Untuk itu, sejumlah petani ikan di Kota Sukabumi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Sukabumi khususnya kepada DKP3 Kota Sukabumi, yang telah membangun BBI di wilayah Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, dengan menghasilkan benih ikan yang berkualitas dan harganya relatif murah.

Selain itu, sejumlah petani ikan di Kota Sukabumi mengharapkan, agar produksi benih ikan di BBI Kota Sukabumi ini senantiasa ditingkatkan dan dikembangkan, supaya kebutuhan benih ikan para petani ikan, baik di dalam maupun di luar daerah Kota Sukabumi dapat terpenuhi dengan harga relatif murah.

Leave a Reply