RENCANA PEMERINTAH PUSAT MEMBUKA SELEKSI CPNS BELUM JELAS

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Rencana Pemerintah Pusat membuka seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) atau Calon ASN (Aparatur Sipil Negara) di setiap daerah Kota dan Kabupaten termasuk di Kota Sukabumi belum jelas. Padahal menurut Sekretaris BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Kota Sukabumi, Drs. Ade Suherman, M.Si., rencana Pemerintah Pusat membuka seleksi CPNS melalui Pemerintah Kota dan Kabupaten ini, akan dilakukan pada bulan Agustus 2018 ini. Untuk tu, Pemerintah Kota Sukabumi melalui BKPSDM Kota Sukabumi masih menunggu keputusan dan informasi lebih lanjut dari KemenPAN-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refomasi Birokrasi) RI. Demikian pula untuk persyaratan pendaftaran dan kuota yang akan diberlakukan bagi CPNS, di Kota Sukabumi juga belum jelas.

Sekretaris BKPSDM Kota Sukabumi mengatakan, belum adanya kejelasan tentang pembukaan seleksi CPNS ini, kemungkinan terkendala teknis karena harus menggunakan sistem IT (Informasi dan Teknologi) termasuk dalam melakukan pendaftaran CPNS, sehingga pelaksanaannya diundur lagi, sebab tidak ada pemberitahuan lagi. Dikatakan pula, rencana Pemerintah Pusat membuka seleksi CPNS ini, sebelumnya akan dilaksanakan pada akhir bulan Juli 2018, tapi menurut informasi lanjutan dari Pemerintah Pusat, pelaksanaannya diundur pada bulan Agustus 2018 ini. Namun hingga saat ini, pihak BKPSDM Kota Sukabumi belum menerima informasi lagi tentang pelaksanaan pembukaan seleksi CPNS ini. Lebih jauh dikatakan, pelaksanaan pendaftaran CPNS ini akan terintegrasi secara nasional, melalu Website SSCN (Sistem Seleksi CPNS Nasional). Untuk itu, segenap warga masyarakat yang akan melakukan pendaftaran CPNS ini, harus melalui Website tersebut. Sedangkan untuk berbagai persyaratannya harus di-scan, dan hasil scan-nannya akan diverifikasi oleh BKPSDM Kota Sukabumi.

Sekretaris BKPSDM Kota Sukabumi menjelaskan, sebagaimana disarankan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah agar mengusulkan jumlah kebutuhan CPNS. Karena terbentur anggaran, Pemerintah Kota Sukabumi hanya mengajukan sebanyak 100 orang CPNS. Namun disetujui atau tidaknya oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Kota Sukabumi belum menerima informasinya. Dijelaskan pula, ke 100 orang CPNS tersebut, berdasarkan kebutuhan dan hasil pengkajian, yakni untuk tenaga kesehatan, pendidikan dan tenaga pendukung infrastruktur seperti sarjana teknik. Selain itu juga dijelaskan, apabila melihat kebutuhan, Pemerintah Kota Sukabumi sangat banyak membutuhkan CPNS. Namun karena tebentur anggaran, Pemerintah Kota Sukabumi  hanya mengusulkan 25 persen dari total PNS di Kota Sukabumi sebanyak 3.915 orang PNS.

Leave a Reply