DISKOP UKM-PP KOTA SUKABUMI DALAM WAKTU DEKAT AKAN MEMILIKI PERALATAN DAN PERLENGKAPAN UTT SENDIRI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Seperti dikatakan Kepala Diskop UKM-PP (Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian) Kota Sukabumi, Drs. Ayep Supriatna, M.M., Diskop UKM-PP Kota Sukabumi, menurut rencana dalam waktu dekat akan memiliki peralatan dan perlengkapan  UTT (Ukur, Takar dan Timbang) sendiri, yang didanai dari DAK (Dana Alokasi Khusus), termasuk rencana kepemilikan gedungnya. Demikian pula mengenai SDM (Sumber Daya Manusia) atau Tim Ahli Meteorologi-nya, sudah dimiliki Diskop UKM-PP Kota Sukabumi sejak lama.

Diharapkannya, alat tesebut mulai tahun 2019 mendatang sudah dapat digunakan secara optimal, serta pengoperasiannya dapat dilaunching secara resmi oleh Wali Kota Sukabumi yang baru hasil Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Kota Sukabumi Tahun 2018. Dengan demikian, mulai tahun 2019 mendatang, Diskop UKM-PP Kota Sukabumi tidak akan meminjam lagi peralatan dan perlengkapan UTT ke daerah lain. Sebab pada tahun-tahun sebelumnya, Diskop UKM-PP Kota Sukabumi senantiasa meminjam peralatan dan perlengkapan tersebut ke daerah lain, seperti ke Kabupaten Sukabumi dan Bogor.

Kepala Diskop UKM-PP Kota Sukabumi menjelaskan, pada tahun ini Diskop UKM-PP Kota Sukabumi sudah memiliki Perda (Peraturan Daerah) Kota Sukabumi tentang Metrologi Legal. Selain itu juga dijelaskan, secara teknis urusan metrologi legal ini akan dibentuk UPT (Unit Pelaksana Teknis). Dijelaskan pula, mulai tahun 2019 mendatang, apabila ada permintaan tera ulang, ukur, takar dan timbang dari SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum), Swalayan, Toko dan Warung, bisa langsung ditindaklanjuti dan ditangani. Sebab Diskop UKM-PP Kota Sukabumi tidak akan meminjam lagi peralatan dan perlengkapan UTT ke daerah lain.

Lebih jauh dijelaskan, diterbitkannya Perda Kota Sukabumi tentang Metrologi Legal dan dibentuknya UPT Metrologi serta kepemilikan peralatan dan perlengkapan  UTT termasuk kepemilikan gedungnya ini, untuk memberikan sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan dalam kegiatan niaga dan jasa serta tertib UTT, yang dapat menjamin dan adanya kepastian hukum untuk memberikan perlindungan kepada para konsumen di Kota Sukabumi. Selain itu, juga dapat mewujudkan para pelaku usaha yang lebih profesional dan terpercaya, serta terwujudnya pasar dan tempat perbelanjaan yang tertib ukur.

Kepala Diskop UKM-PP Kota Sukabumi mengatakan, hal tersebut sesuai dengan Visi Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa, serta Moto Juang Kota Sukabumi Reugreug Pageuh Repeh Rapih atau Tangguh, Kukuh, Aman, Tenteram, Damai dan Bersatu dalam berbagai bidang, termasuk dalam bidang niaga dan jasa.

Leave a Reply