BSI SUKABUMI MENYELENGGARAKAN SEMINAR BERTAJUK BSI DIGINATION

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Tidak bisa dipungkiri, dunia digital sudah semakin mempengaruhi terhadap kehidupan dalam berbagai aspek, termasuk dalam aspek pendidikan. Untuk itu, semua pihak harus siap menghadapinya, salah satunya dengan mengambil sikap toleran terhadap perubahan era tersebut. Sebagai institusi pendidikan yang mengedepankan peran teknologi, AMIK BSI Sukabumi senantiasa berupaya optimal menyiapkan mahasiswa dan dosen untuk menghadapi era digital, diantaranya dengan menyelenggarakan seminar bertajuk BSI Digination, transformasi kampus ke literasi digital. Kegiatan yang diselenggarakan hari Senin, 6 Agustus 2018 ini. disambut antusias oleh ratusan peserta, baik dari kalangan mahasiswa dan dosen maupun Ormawa (Organisasi Mahasiswa) dari kampus lainnya.

Kepala Kampus AMIK BSI Sukabumi, Denny Pribadi, M.Kom. mengatakan, BSI tengah bersiap diri menjadi kampus yang mampu memanfaatkan TI (Teknologi Informasi) dengan optimal di era digitalisasi. Dikatakan pula, dalam melakukan persiapan tersebut, BSI bukan hanya menyiapkan mahasiswa saja, tapi juga para dosen.

Dalam pada itu, Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan BSI, Suharyanto, M.Kom. selaku nara sumber menjelaskan, nantinya BSI di seluruh Nusantara akan memiliki repository. Dengan demikian, seluruh mahasiswa dan dosen bisa mengakses berbagai kebutuhan literasi berbasis daring yang bisa diakses melalui gawai, untuk menunjang aktivitas perkuliahan.

Sementara salah seorang Pakar IT (Informasi dan Teknologi) sekaligus praktisi dan Dosen STMIK Nusa Mandiri, Dr. Mochamad Wahyudi, M.M., M.Kom, M.Pd. juga selaku nara sumber menyampaikan pesan, agar semua pihak harus siap menghadapi perubahan tersebut, jika tidak ingin tergerus oleh perubahan-perubahan di era disruptif ini. Dijelaskannya, transformasi era digital tidak semudah yang dibicarakan. Karena banyak tantangan yang harus dilewati, salah satunya adalah melakukan edukasi ke masyarakat.

Dijelaskan pula, era digital di Indonesia sudah terjadi dan tidak bisa dihindari. Untuk itu, seluruh mahasiswa harus siap, karena muncul berbagai jenis pekerjaan baru di golongan pekerjaan bidang IT. Pada saat ini saja sudah lebih dari 300 golongan pekerjaan di bidang tersebut. Lebih lanjut dijelaskan, BSI sudah berbasis digital dan semuanya sudah online. Berkaitan dengan hal tersebut, BSI akan mencoba mentransformasikan kembali revolusi tersebut.

Leave a Reply