BPBD KOTA SUKABUMI MENYELENGGARAKAN SOSIALISASI PENGUATAN DAN KESIAGAAN DAERAH RAWAN BENCANA

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Redaktur : ENDANG SUMARDI

BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Sukabumi, menyelenggarakan sosialisasi dan simulasi penguatan dan kesiagaan daerah rawan bencana di wilayah Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 7 Agustus 2018, di Ruangan Pertemuan Kantor Kelurahan Jayamekar, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Andri Setiawan, M.M.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Unsur Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Drs. Asep Suhendrawan, PLT (Pelaksana Tugas) Kepala Dinas Sosial Kota Sukabumi, Hudi Kodir Wahyu, S.Sos., M.K.M., Camat Baros, Dra. Yunita Nusmeri Sitepu, M.M., para Lurah se Kecamatan Baros, Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Kota Sukabumi, Pengurus PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Sukabumi, para Ketua RW dan RT, serta para tamu undangan lainnya.

Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi dalam sambutannya menandaskan, Indonesia berada di dalam lempengan Tektonik Dunia, yakni Lempengan Australia, Lempengan Pasifik dan Lempengan Philipina. Hal ini menyebabkan Indonesia, secara geologis rawan terhadap bencana gempa bumi dan tsunami serta bencana lainnya. Disamping itu, juga kurang lebih 5.590 daerah aliran sungai yang terdapat di Indonesia dari Sabang sampai Meroke dan 129 Gunung Api di Indonesia yang aktif, sehingga mengakibatkan Indonesia rawan bencana. Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi mengharapkan, melalui sosialisasi dan simulasi penguatan dan kesiagaan daerah rawan bencana ini, di 33 kelurahan yang ada di Kota Sukabumi harus dibentuk Satgassus (Satuan Petugas Khusus), untuk menanggulangi bencana alam khusunya di kelurahannya masing-masing.

Sementara Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Akhmad Zulkarnain Barhami, S.E., M.M. menjelaskan, maksud dan tujuan dilaksanakannya sosialisasi dan simulasi penguatan dan kesiagaan daerah rawan bencana di Kelurahan Jayamekar, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi ini, agar warga masyarakat di kelurahan ini memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam mengantisipasi dan menangulangi bencana alam. Selain itu, juga dapat meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan, khususnya dalam mengantisipasi dan menghadapi kemungkinan terjadi bencana alam di wilayahnya masing-masing.

Leave a Reply