Walikota Sukabumi Secara Resmi Membuka Bursa Tenaga Kerja Tahun 2016

Reporter : ENDANG SUMARDI

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., secara resmi membuka bursa tenaga kerja atau job fair tahun 2016, tepatnya hari Rabu, 14 September 2016, di Lapangan Meredeka Kota Sukabumi. Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., Pimpinan DPRD, Unsur Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah), Kepala Disnakertrans (Dinas  Tenaga  Kerja  dan  Transmigrasi) Provinsi Jawa Barat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, Kepala Dinsosnakertrans (Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi) Kota Sukabumi beserta para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan isntansi terkait lainnya, para Camat dan Lurah, para Kepala SMK, para Pimpinan Perusahaan, Ketua BKK (Bursa Kerja Khusus) Kota Sukabumi, para peserta bursa kerja dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Walikota Sukabumi mengucapkan terima kasih kepada Kepala Disnakertrans Provinsi Jawa Barat, yang telah berkolaborasi atau bekerja sama dengan Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinsosnakertrans Kota Sukabumi, menyelenggarakan bursa tenaga kerja di Kota Sukabumi selama 2 hari, tepatnya pada tanggal 14 dan 15 September 2016, bertempat di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi. Diharapkannya, dengan dilaksanakannya bursa tenaga kerja ini, dapat meningkatkan perluasan kesempatan kerja, sekaligus dapat mencapai target dan program 2 juta orang penyerapan tenaga kerja Provinsi Jawa Barat dan Jawa Barat mengembara, untuk jangka waktu selama 5 tahun, atau dalam setiap tahunnya sebanyak 400 ribu orang.

Selain itu, juga untuk meningkatkan perluasan kesempatan kerja sekaligus mencapai target penyaluran tenaga kerja di Kota Sukabumi, yakni sebanyak 25 ribu orang selama 5 tahun, atau dalam setiap tahunnya sebanyak 5 ribu orang, serta dalam setiap tahunnya dapat direalisasikan lebih dari 100 persen atau melebihi target. Namun untuk tahun 2016, tepatnya hingga bulan Agustus 2016, realisasi penyaluran tenaga kerja di Kota Sukabumi ini baru mencapai lebih kurang 50 persen. Untuk itu Walikota Sukabumi mengharapkan, dengan dilaksanakannya bursa tenaga kerja ini, target Pemerintah Kota Sukabumi dalam melakukan penyaluran tenaga kerja ini, dapat tercapai dan melebihi target, seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Dengan demikian, angka pengangguran di Kota Sukabumi, dalam setiap tahunnya dapat ditekan dan dikurangi.

Dijelaskannya, berdasarkan data yang ada di BPS (Badan Pusat Statistik) Kota Sukabumi, angka pengangguran di Kota Sukabumi usia 15 sampai dengan 59 tahun, pada tahun 2015 mencapai 30 ribu 588 orang. Dijelaskan pula, masih banyaknya angka pengangguran di Kota Sukabumi ini, disebabkan oleh berbagai faktor. Diantaranya pertumbuhan angkatan kerja yang tinggi, kesempatan kerja yang masih rendah, pendayagunaan dan tingkat pendidikan serta tingkat produktivitas tenaga kerja yang masih relatif rendah, sehingga tidak sesuai dengan kualifikasi dan jabatan yang dibutuhkan.