DKP3 KOTA SUKABUMI MELAKSANAKAN PEMANTAUAN HEWAN QURBAN DI KOTA SUKABUMI

Reporter : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Menjelang Idul Adha Tahun 1439 Hijriyah atau bertepatan dengan Tahun 2018, DKP3 (Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan) Kota Sukabumi, melaksanakan pemantauan hewan qurban, tepatnya tanggal 8 Agustus 2018, ke sejumlah peternak dan penjual hewan qurban di Kota Sukabumi. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala DKP3 Kota Sukabumi, Ir. Hj. Kardina Karsoedi, M.T. Adapun maksud dan tujuannya, untuk memastikan hewan qurban yang beredar di Kota Sukabumi telah sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan dan syariat  Islam, seperti dari umur dan kesehatannya.

Pemantauan terhadap hewan qurban tersebut, melibatkan 20 orang Petugas Pemantau dan Balai Besar Veteriner Subang, serta berhasil mengumpulkan sebanyak 150 sampel, yang terdiri dari sampel darah, feses dan ulas darah, untuk memastikan hewan tesebut tidak memiliki penyakit atau bakteri. Selain itu, dalam pemantauan tersebut juga dikalungkan kalung sehat kepada setiap hewan qurban yang telah memenuhi persyaratan, yang fungsinya sebagai jaminan kualitas dan kesehatan hewan tersebut bagi para konsumen. Kepala DKP3 Kota Sukabumi menjelaskan, untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat yang hendak membeli hewan qurban, DKP3 Kota Sukabumi juga mengeluarkan SKKH (Surat Keterangan Kesehatan Hewan), kepada para penjual hewan tersebut, terutama yang hewannya sudah diperiksa dan memenuhi persyaratan.

Menyinggung hewan qurban yang beredar saat ini di Kota Sukabumi, menurut Kepala DKP3 Kota Sukabumi kebanyakan didatangkan dari luar daerah Kota Sukabumi. Sedangkan peredaran hewan qurban di Kota Sukabumi saat ini, diprediksi mencapai lebih dari 1.000 ekor hewan qurban. Dikatakannya, bagi warga masyarakat yang ingin bertanya berkaitan dengan hewan qurban, DKP3 Kota Sukabumi membuka Posko Hewan Qurban di RPH (Rumah Potong Hewan) DKP3 Kota Sukabumi, Jalan Cemerlang Kilometer 4,5, dengan Nomor Telepon 222 186. Disamping itu juga dikatakan, DKP3 Kota Sukabumi juga sudah melaksanakan Sosialisasi Penanganan Hewan Qurban, kepada 50 DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) di Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, supaya setiap hewan qurban dari mulai hidup, pemotongan, perencahan dan pendistribusian dagingnya memenuhi kategori HAUS (Halal, Aman, Utuh dan Sehat).

Leave a Reply