ASISTEN ADMINISTRASI SETDA KOTA SUKABUMI MEMBUKA MUSYAWARAH KAMPUNG KB TAHUN 2018 TINGKAT KOTA SUKABUMI

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Asisten Administrasi Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Kostaman, M.M., hari Selasa, 14 Agustus 2018, di Ruangan Pertemuan Setda Sukabumi, secara resmi membuka Musyarah Kampung KB (Keluarga Berencana) Tahun 2018 Tingkat Kota Sukabumi, yang diikuti oleh seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Kecamatan dan Kelurahan se Kota Sukabumi, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutanya, Asisten Administrasi Setda Kota Sukabumi menjelaskan, program Kampung KB ini merupakan salah satu program KKBPK (Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga), melibatkan seluruh bidang yang ada di lingkungan BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional), bekerja sama dengan intansi terkait, sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah dan daerah masing-masing. Untuk itu, program Kampung KB ini dilaksanakan sampai ke tingkat pemerintahan terendah setingkat RW, yang memiliki kriteria tertentu, supaya terdapat keterpaduaan program kependudukan, keluarga berencana, pembangunan keluarga dan pembangunan sektor terkait lainnya, yang dilaksanakan secara sistematis.

Dijelaskan pula, pemilihan Kampung KB ini, dilaksanakan untuk wilayah yang kepersertaan pogranm KB-nya masih minim, sesuai dengan program Nawacita ketiga, yakni membangun Indonesia dari pinggiran, supaya bisa membangun masyarakat yang lebih baik. Sedangkan inti dari Kampung KB ini, yakni untuk mengurangi jumlah penduduk pra sejahtera. Asisten Administrasi Setda Kota Sukabumi mengharapkan, dengan adanya kampung KB ini, dapat menumbuhkan inovasi dan kreasi, untuk meningkatkan kualitas hidup warga masyarakat, khususnya di setiap Kampung KB yang ada di Kota Sukabumi.

Sementara Kepala Dispusip (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan) Kota Sukabumi sekaligus sebagai PLT (Pelaksana Tugas) Kepala Disdalduk, KB, P3A dan PM (Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat) Kota Sukabumi, Nicke Siti Rahayu, S.H., M.H. menjelaskan, Kampung KB yang ada di Kota Sukabumi, saat ini berjumlah 8 Kampung KB.

Adapun ke 8 Kampung KB tersebut, ada di wilayah Kelurahan Lembursitu dan Kelurahan Situmekar Kecamatan Lembursitu, Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole, Kelurahan Nangeleng Kecamatan Citamiang, Kelurahan Babakan Kecamatan Cibeureum, Kelurahan Sukakarya Kecamatan Warudoyong, Kelurahan Karangtengah Kecamatan Gunungpuyuh, dan Kelurahan Sudajayahilir Kecamatan Baros.

Leave a Reply