PENJABAT WALI KOTA SUKABUMI MERESMIKAN TUGU UKS SMP NEGERI 16 KOTA SUKABUMI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Penjabat Wali Kota Sukabumi, Drs. H. Dady Iskandar, M.M., meresmikan Tugu UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) SMP Negeri 16 Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 13 Agustus 2018, ditandai pengguntingan pita. Hadir pada kesempatan tersebut, Asisten Administrasi Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Kostaman, M.M., Pembina UKS Kota Sukabumi Bidang Keagamaan, H. Deden Solehudin, S.Ag., M.M., para Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait, Kepala, Dewan Guru, Tata Usaha dan Komite SMP Negeri 16 Kota Sukabumi, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Penjabat Wali Kota Sukabumi, Drs. H. Dady Iskandar, M.M. menjelaskan, Tugu UKS SMP Negeri 16 Kota Sukabumi ini, berfungsi untuk mengenalkan Trias UKS yang terdiri dari Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan, dan Penyuluhan Lingkungan Sehat, khususnya kepada seluruh warga dan keluarga SMP Negeri 16 Kota Sukabumi serta kepada warga masyarakat di sekitar SMP Negeri 16 Kota Sukabumi.

Diharapkannya, dengan telah dibangun dan diresmikannya Tugu UKS SMP Negeri 16 Kota Sukabumi ini, seluruh warga dan keluarga SMP Negeri 16 Kota Sukabumi serta warga masyarakat di sekitar SMP Negeri 16 Kota Sukabumi, dapat memahami dan meresapi Trias UKS.

Penjabat Wali Kota Sukabumi menjelaskan, Program UKS merupakan salah satu program yang sangat strategis, dengan dasar pemikiran, Pertama, dengan basis sasaran para siswa di sekolah, UKS merupakan media pembelajaran yang tepat, dalam upaya mengenalkan dan membiasakan sejak dini masyarakat, untuk terbiasa hidup sehat, serta meningkatkan kerjasama dalam pengelolaan lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya.

Kedua, melalui program Trias UKS, pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan penyuluhan lingkungan sehat, diharapkan dapat berpengaruh pada peningkatan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) di Kota Sukabumi. Selain itu, melalui Trias UKS, diharapkan dapat mendorong upaya pencapaian Program Kota Sukabumi Sehat, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari upaya Jawa Barat Sehat dan Indonesia Sehat.

Selanjutnya Ketiga, kondisi masyarakat yang sehat, selain mencerminkan keberhasilan pembangunan, juga menjadi aset berharga bagi Pemerintah Kota Sukabumi, dalam menghadapi berbagai tantangan dan problematika pembangunan di masa mendatang yang semakin kompleks.

Leave a Reply