SLB A BUDI NURANI KOTA SUKABUMI MENYELENGGARAKAN LOMBA LITERASI TINGKAT KOTA SUKABUMI TAHUN 2018

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Redaktur : ENDANG SUMARDI

SLB (Sekolah Luar Biasa) A Budi Nurani Kota Sukabumi, selama 2 hari tepatnya pada tanggal 15 dan 16 Agustus 2018, menyelenggarakan Lomba Literasi Pelajar PAUD, SD, SMP dan SMA Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2018. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala SLB A Budi Nurani Kota Sukabumi, Tanti Erkanti, M.Pd., tepatnya hari Rabu, 15 Agustus 2018, di Aula SLB A Budi Nurani Kota Sukabumi.

Adapun para tamu undangan yang hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya Kepala Dispusip (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan) Kota Sukabumi, Nicke Siti Rahayu, S.H., M.H., perwakilan dari Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi serta LPPL (Lembaga Penyiaran Publik Lokal) RSPD (Radio Siaran Pemerintah Daerah) 93,1 FM Kota Sukabumi, Ketua Yayasan, Dewan Guru, Komite, Orang Tua dan Wali Murid SLB A Budi Nurani Kota Sukabumi, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala SLB A Budi Nurani Kota Sukabumi, Tanti Erkanti, M.Pd. mengatakan, maksud dan tujuan dilaksanakannya Lomba Literasi Pelajar PAUD, SD, SMP dan SMA Tingkat Sukabumi Tahun 2018 ini, merupakan program rutin tahunan SLB A Budi Nurani Kota Sukabumi, untuk memperingati sekaligus memeriahkan HUT (Hari Ulang Tahun) Kemerdekaan RI. Untuk itu, para Pelajar PAUD, SD, SMP dan SMA di Kota Sukabumi, harus diberi motivasi untuk senantiasa mencintai tanah air, nusa dan bangsa Indonesia, diantaranya melalui Lomba Literasi ini. Selain itu, juga merupakan salah satu persiapan untuk mengikuti Lomba Literasi Pelajar PAUD, SD, SMP dan SMA Tingkat Propinsi Jawa Barat, yang menurut rencananya akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2018 mendatang.

Kepala SLB A Budi Nurani Kota Sukabumi menjelaskan, untuk kegiatan Lomba Literasi hari pertama, yakni Lomba Baca Puisi, Lomba Mendongeng, Lomba Cipta Bahasa Puisi, dan Lomba Menulis Cerpen (Cerita Pendek). Sedangkan untuk hari kedua, yakni berbagai lomba dalam rangka menyambut sekaligus memperingati dan memeriahkan HUT Ke 73 Kmerdekaan RI Tahun 2018. Diharapkannya, melalui Lomba Literasi ini, para pelajar di Kota Sukabumi dari mulai Pelajar PAUD, SD dan SMP hingga Pelajar SMA, dapat lebih mencintai buku dan membaca, sesuai dengan program pemerintah, bahwa setiap sekolah harus senantiasa berupaya optiml meningkatkan dan mengembangkan kegiatan literasi.

Kepala SLB A Budi Nurani Kota Sukabumi mengatakan, kegiatan literasi di setiap sekolah, tidak hanya membaca buku saja, tapi juga membaca alam dan membaca suasana. Bahkan anak difabel pun sudah banyak yang memanfaatkan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), untuk membaca keadaan sekeliling sampai ke belahan dunia. Dikatakan pula, anak didik di SLB A Budi Nurani Kota Sukabumi, tidak gagap dalam teknologi, karena sudah mengusai TIK, bahkan sudah dapat membrowsing berbagai berita yang terjadi di dunia.

Leave a Reply