IPI TANDATANGANI MOU PENEMPATAN PARA LULUSAN DI LUAR NEGERI

Reporter : Ratna Nurseha

International Professional Institute (IPI), lembaga pendidikan yang memiliki konsep pendidikan dan pelatihan berbasis  keahlian bidang hotel dan kapal pesiar, berkomitmen untuk melahirkan lulusan yang profesional dan dapat menempatkan lulusan untuk bekerja pada hotel berskala internasional dan kapal pesiar. Komitmen ini diwujudkan dengan penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) dan penandatanganan Recruitment Partnership, di Hotel Maxone Sukabumi, Kamis, 16 Agustus 2018.

Penandatangan MoU dan Recruitment Partnership ini dilakukan bersamaan dengan kegiatan IPI High Light 2018. Adapun MoU yang ditandatangani yakni antara IPI dengan Mr. Gopalakrishna Muhd Rizal Balachandran dari Rayyan Hospitality Management & Consultant (RHMC Malaysia), untuk penempatan magang dan kerja di Malaysia, Thailand, Jepang, Abu Dhabi, dan Negara lain di Asia Pasifik, kemudian MoU dengan USAID (United States Agency For International Development) untuk menambah keahlian dan spesifikasi kompetensi alumni IPI dalam bidang pengelolaan keuangan, dan penandatanganan Recruitment Partnership dengan CTI untuk kerjasama penempatan kerja alumni IPI ke Kapal Pesiar Carnival Cruise Line.

Direktur IPI Sukabumi, Eko Pranajaya, S.IP., M.Si., dalam kesempatan tersebut menjelaskan, IPI yang berdiri tahun 2012 mempunyai konsep berbeda dengan lembaga pendidikan lain. IPI mengembangkan platform pendidikan berbasis 4 (empat) hal, yakni pendidikan dan pelatihan, pemagangan, penempatan tenaga kerja dan pendampingan kewirausahaan bagi lulusan yang ingin berwirausaha seperti di bidang kuliner dengan membuka cafe, pengusaha hotel dan lain-lain.

“Para peserta didik dibina di Lembaga IPI secara professional,  selanjutnya mereka disalurkan untuk bekerja di hotel dan kapal pesiar dan jika sudah memiliki pengalaman kerja para lulusan ini ke depannya diharapkan dapat menjadi pengusaha di bidang perhotelan. Jadi, mereka tidak hanya sekedar kuliah tapi selepas kuliah dijamin kerja dengan penempatan di Hotel dan Kapal Pesiar yang telah bekerja sama dengan IPI,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Sukabumi terpilih, H. Andri Setiawan Hamami, SH., MH.,  yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan, langkah yang dilakukan IPI merupakan satu terobosan yang luar biasa dalam mendukung Visi dan Misi Kota Sukabumi. Ke depan, lulusan IPI diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk Kota Sukabumi. Apalagi saat ini pembangunan infrastruktur semakin gencar memasuki Sukabumi. Tol Bocimi, Double track kereta api, bandara Sukabumi sebentar lagi akan segera hadir di Sukabumi. Ditambah dengan kehadiran destinasi wisata di sekitar Sukabumi yang semakin menjamur, menjanjikan investasi dan memberikan peluang yang cukup menjanjikan. Peluang dalam bidang usaha perhotelan atau hospitality sangat terbuka lebar seiring dengan kemajuan dunia pariwisata di Sukabumi.

Oleh karena itu, lulusan IPI diharapkan dapat mengambil peluang tersebut dengan menjadi pelaku usaha di Kota Sukabumi.  Selepas bekerja di hotel berbintang dan kapal pesiar, para lulusan IPI diharapkan kembali ke Kota Sukabumi untuk menjadi enterpreneur sehingga tercipta banyak lapangan kerja. Dengan demikian, IPI tidak hanya meluluskan para tenaga kerja di bidang perhotelan dan kapal pesiar saja tetapi juga memberikan kontribusi untuk menciptakan peluang kerja sehingga dapat mendukung program pemerintah dalam pengentasan angka pengangguran di Kota Sukabumi.

 

Leave a Reply